Sabtu, 26 Sep 2020 | WIB

Awal Tahun Hujan Deras,​Tebing Turap Vila Dago Tol Setinggi 15 Meter Longsor

Avatar
Penulis: Andre Pradana
Diterbitkan: 01 Januari 2020, 11:35 WIB
MCMNEWS.ID | Kondisi Tebing Turap Setinggi 15 Meter Yang Longsor di Perumahan Vila Dago Tol Blok C, Kel Ciater, Kecamatan Serpong, Tangerang Selatan. Rabu (01/01/2020). (Dok : Andre)

TANGSEL, MCMNEWS.ID – Hujan deras yang turun di wilayah Kota Tangerang Selatan tidak hanya menyebabkan banjir di beberapa titik, namun menimbulkan longsor material tanah dan merobohkan turap yang ada. Seperti yang terjadi di Perumahan Vila Dago Tol Blok C RT 003/011, Kelurahan Ciater, Kecamatan Serpong, Tangerang Selatan.Rabu (1/1/2020).

Menurut Ketua RT 03, Sayekti Gesang, tebing turap longsor pada pagi sekitar pukul 06.45 WIB, kondisinya sangat cepat, namun saat turap longsor tidak ada warga yang sedang melintas sehingga tidak ada korban jiwa.

“Beruntung tidak ada warga saya yang melintas, saat turap longsor memang kejadian ini sudah ketiga kalinya terjadi, beberapa diantaranya di jejeran tebing yang berbeda tapi masih diwilayah yang sama,” kata Sayekti Gesang.

Akibat tebing turap longsor tumpukan tanah dan pecahan bebatuan menutup jalan keluar warga di Perumahan Vila Dago Tol Blok C. Bahkan Longsor nyaris mengenai kendaraan dan rumah warga.

Kejadian berawal pada saat diguyur hujan secara terus menerus sejak malam dan memang di atas tebing tersebut sistem perairan tidak begitu baik dan seringkali dilewati kendaraan berat, seperti mobil bahkan truk.

“Jadikan di atas itu perkampungan yang diduga sistem perairannya tidak bagus, menurut pantauan kita juga hujan deras membuat kondisi tebing sangat mengkhawatirkan karena begitu derasnya air dari atas yang mengalir ke bawah” tambahnya memberikan keterangan kepada MCMNEWS.

Pantauan MCMNEWS sampai saat ini pun warga RT 05 dan RT 03 / 011 Perumahan Vila Dago Tol masih berkumpul melakukan gotong royong untuk merapikan pecahan batuan dan tanah sisa longsor sehingga tidak menghalangi akses jalan perumahan.

back-to-top