Detail

ASN Kecamatan Pamulang Diduga Kampanyekan Paslon Nomor 3, Mata Satu Lapor Bawaslu

Jumat, 27 November, 2020 9:05 pm

MCMNEWS.ID – Perayaan Hari Ulang Tahun Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang ke-12 disinyalir dimanfaatkan oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) Kecamatan Pamulang untuk kampanyekan salah satu Pasangan calon (Paslon).

Dalam sebuah video yang tersebar berdurasi 20 detik, terlihat Camat Kecamatan Pamulang, Mukroni, memimpin yel-yel ucapan ulang tahun Tangsel. Namun terucap juga Tagline dari paslon nomor urut tiga, Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan.

“Kami keluarga besar Kecamatan Pamulang nengucapkan Selamat Hari Jadi Kota Tangerang Selatan yang ke-12, Tangsel Sehat, Tangsel Kuat, Rumah Kita Bersama, Pamulang Bisa, yes, yes, yes.” Bunyi dalam video tersebut.

Seperti diketahui, Rumah Kita Bersama adalah tagline dari paslon nomor 3, seperti yang tertera dalam visi dan misi calon Yang didaftarkan ke KPU Kota Tangerang Selatan.

Tak hanya itu, tagline tersebut juga tertera dalam baliho dan spanduk Alat Peraga Kampanye (APK) paslon.

Menanggapi hal itu, aliansi Masyarakat Tangerang Selatan Bersatu (Mata Satu) menilai bahwa bahwa perbuatan yang dilakukan oleh Camat Pamulang beserta jajaran staf dan Lurah di Wilayah Kecamatan Pamulang  tersebut patut diduga telah melanggar ketentuan Pasal 70 ayat (1) UU nomor 10 Tahun 2016.

“Camat, Sekertaris Camat dan Lurah adalah  ASN, oleh karenanya Pelapor melihat apa yang dilakukan oleh Camat, Sekertaris Camat dan Lurah ini telah melanggar aturan terkait Disiplin Pegawai Negeri Sipil,” kata Kuasa Hukum Pelapor, Rubby Cahyady, dalam keterangan tertulis yang diterima Mcmnews.id, Jumat, (27/11/2020).

“Dengan demikian, kami membuat laporan dugaan pelanggaran Pemilihan Umum Kepala Daerah Kota Tangerang Selatan yang diduga telah dilakukan oleh Camat, Sekertaris Camat dan Lurah di wilayah  Kecamatan Pamulang  kepada Bawaslu Kota Tangerang Selatan untuk ditindaklanjuti,” tandasnya.