Detail

Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19, Disperkimta Tangsel Akan Optimalkan TPU Jombang

Jumat, 9 Juli, 2021, 20:10 WIB
Penulis: MCMNEWS.ID

MCMNEWS.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) terus berupaya mengembangkan Tempat Pemakaman Umum (TPU) khusus Covid-19 di Jombang, Ciputat, ditengah melonjaknya kasus Covid-19.

Kepala Dinas Perumahan, Pemukiman dan Pertanahan (Disperkimta) Kota Tangsel, Ade Suprizal, mengatakan, pihaknya tengah melakukan perataan cut and fill pada TPU Jombang.

Kendati demikian, Ade memastikan lahan TPU Jombang yang telah dimanfaatkan untuk pemakaman jenazah covid dan masih cukup untuk menampung sekitar 1000 jenazah.

“Kapasitas TPU Jombang masih cukup, kurang lebih 800 lubang untuk jenazah. Akan kita kembangkan lagi nanti dan sekarang terus dalam perataan cut and fill pada berapa sisinya,” kata Ade, Kamis, (8/7/2021).

Ketua TPU Jombang, Tabroni, mengatakan, lahan untuk pemakaman di TPU Jombang dinilai masih cukup.

Namun untuk antisipasi kenaikan angka kematian, pihaknya masih membutuhkan pengurugan dilahan TPU yang masih berupa sawah.

“Lahan masih cukup, cuma pengurugan aja. Lahan baru masih perlu urugan, karena ada lokasi tanah sawah yang harus diurug,” jelas Tabroni.

Berdasarkan data yang berhasil dirangkum, pada bulan Mei 2021 angka kematian Covid-19 mencapai 30 jenazah yang telah dimakamkan di TPU Jombang, Ciputat.

Pada bulan Juni 2021 angka kematian di Tangsel mencapai 87 jenazah yang telah dimakamkan di TPU khusus Covid-19.

Sementara data meninggal di bulan Juli terjadi lonjakan, sampai dengan hr ini total 186 jenazah.

ADV