Kamis, 1 Okt 2020 | WIB

Antipasi Wabah Virus Corona Dari Wuhan, Pemkot Tangsel Siapkan Ruang Isolasi

Avatar
Penulis: Andre Pradana
Diterbitkan: 27 Januari 2020, 17:39 WIB
MCMNEWS.ID | Wakil Walikota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie. (Dok : Andre)

MCMNEWS.ID – Mewabahnya Virus Corona yang pertama kali muncul di Tiongkok, mulai menyebar luas. Bahkan, di tiap negara mulai mewaspadai dan memeriksakan kondisi tubuh turis asing menggunakan alat khusus.

Terlebih di Bandara Internasional Soekarno Hatta yang telah menerapkan pengecekan terhadap turis asing. Kementerian Kesehatan pun, telah menetapkan siaga satu untuk wabah virus corona.

Menanggapi status siaga satu oleh Kemenkes, wilayah Tangsel yang berada di berbatasan dengan Jakarta, Tangerang, Bogor, Depok juga telah mewaspadai penyebaran wabah virus corona.

Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mewaspadai penyebaran virus Corona, yang mewabah di China. Saat ini, pihak Pemkot Tangsel aktif terus memonitor riwayat penumpang dari Bandara Soekarno-Hatta. Disisi lain, jika ada ditemukan pasien suspect, akan dirujuk langsung ke dua RS yang ada di Banten.

“Ibu walikota (Airin), sudah menginstruksikan kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Tangsel untuk mewaspadai wabah virus corona,” kata Benyamin Davnie, kemarin.

Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie juga akan berkoordinasi dengan Bandara Internasional Soekarno Hatta mengenai virus corona.

Apabila terdapat seorang yang terjangkit virus corona, Tangsel sebagai wilayah yang berbatasan dengan wilayah lain akan melakukan aksi-aksi tertentu untuk mencegah virus corona masuk ke Tangsel.

“Cek di sana, kalau ada berita misalnya masyarakat baru mendarat terjangkit wabah corona kemudian ikuti riwayatnya. Kalau misal berbatasan dengan Tangsel, kita akan lakukan aksi tertentu,” ungkapnya.

“Kita lagi minta juga apa aja sih yang harus dilakukan kalau ada wabah corona. Langkah apa saja dari aspek apa saja yang harus dilakukan,” tambah Benyamin.

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel juga belum mendapatkan laporan atau indikasi virus corona di Tangsel.

Namun demikian, Benyamin mengaku akan mempersiapkan ruang isolasi di RSU Tangsel jika memang virus corona masuk ke wilayah Tangsel.

“Itu sedang kita persiapan itu harus ada ruang isolasi, itu harus disiapkan. Jadi kita standby dan siap prepare aja, kita daerah perbatasan khawatir kalau itu terjadi,” tegasnya.

back-to-top