Detail

Akumindo Tangsel Resmi Dibentuk, Targetkan Pembinaan dan Bantu Pemasaran Produk UMKM

Selasa, 30 Maret, 2021, 13:13 WIB
Penulis: Andre Pradana

MCMNEWS.ID – Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) cabang Kota Tangerang Selatan (Tangsel) resmi dibentuk. DPC Akumindo Kota Tangsel dilantik langsung oleh Ketua Umum Pusat, Muhammad Iksan.

Muhammad Ikhsan mengatakan, pembentukan wadah untuk para pelaku UMKM sebagai bentuk penerapan UU Nomor 20 tahun 2008 tentang UMKM.

“(pembentukan Asosiasi UMKM sebagai) pelaksanaan Undang-Undang 20 Tahun 2008 tentang UMKM, yang kedua cipta kerja mengenai UMKM,” kata Ikbal, di Puspitek Tangsel, Selasa, (30/3/2021).

“Bahwa UMKM Di kota Tangerang Selatan harus dilebihkan (dalam) akses pemasaran seluas-luasnya, serta pembinaan dan pelatihan seluas-luasnya dan juga permodalannya,” tambahnya.

Tak hanya itu, dikatakan ikbal, pembentukan Asosiasi juga sebagai partner Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel untuk melakukan pemberdayaan UMKM.

“Asosiasi sebagai partner pemerintah untuk melakukan langkah-langkah pemberdayaan, karena UMKM kita ini butuh keberpihakan oleh pemerintah,” tuturnya.

Ditempat yang sama, Wakil Walikota Tangerang Selatan (Tangsel), Benyamin Davnie, mengapresiasi pembentukan wadah UMKM yang ada di Kota Tangsel.

Menurut Benyamin, pembentukan wadah UMKM sangat membantu para pelaku UMKM yang ada di Kota Tangsel.

“Memang bukan hanya ada satu wadah UMKM yang ada di Tangerang Selatan, banyak forum-forum atau asosisi UMKM di Tangsel, dan itu bagus untuk supaya UMKM kita berkembang,” tuturnya.

“Karena kalau mereka bergerak sendiri nanti akan ada kesenjangan, jadi sebaiknya bergabung dalam forum dan bergerak bersama,” lanjutnya.