Sabtu, 19 Sep 2020 | WIB

SMA Darul Mu’Allamah Gelar Praktikum “Prosesi Nikahan” Adat Sunda.

Avatar
Penulis: Solihin
Diterbitkan: 11 Februari 2020, 12:10 WIB
MCMNEWS.ID | Siswa siswi SMA Darul Mu’Allamah saat praktikum prosesi nikahan adat sunda.

MCMNEWS.ID – SMA Darul Mu’Allamah yang berada di Kecamatan Serang Baru Kabupaten Bekasi, menerapkan praktikum untuk siswanya dalam mata pelajaran Bahasa Sunda. Praktikum yang dilakukan berupa prosesi tradisi nikahan adat sunda.

Kegiatan praktikum ini dilakukan agar siswa bisa melakukan kegiatan langsung, setelah mendapat materi yang diterangkan guru. 

Pantauan mcmnews.id di lokasi, Para siswa kelas XII pun terlihat penuh antusias melakukan praktikum prosesi pernikahan adat sunda sudah tidak canggung lagi, bahkan terlihat seperti acara yang sebenarnya.

Kegiatan di awali dengan datangnya rombongan pengantin laki-laki di iringi dengan para siswa yang di gambarkan sebagai sanak sodara mempelai laki-laki, lalu di terima oleh keluarga pengantin wanita dilakukan pengalungan bunga kepada pengantin pria. Dilanjutkan proses pemberian seserahan atau bingkisan kepada pengantin perempuan, lalu dilanjutkan ngalungan yaitu melemparkan uang dari rombongan besan laki-laki untuk pengantin. 

Acara dilanjutkan dengan acara akad nikah, dan sungkeman kedua pengantin kepada kedua orang tua mereka, dan di akhiri dengan berebut bekak ayam dari kedua pengantin yang mitosnya yang mendaptkn bagian lebih besar dia yang mendapat rezeki lebih banyak.

Rin rin selaku guru mata pelajaran bahasa sunda di SMA Darul Mu’Allamah menyampaikan

“Dalam kegiatan praktek Bahasa Sunda ini kita harus mengenalkan dan melestarikan budaya daerah kepada para generasi muda yang sudah mulai meninggalkan dan melupakan budaya sendiri, terutama dalam repsepsi pernikahan yang lebih banyak menggunakan adat modern. Kita yang harus melestarikan budaya kita sendiri” pungkasnya.

Laporan :  Enday Kunandar

back-to-top