Jumat, 25 Sep 2020 | WIB

Penjelasan BJB Syariah Terkait Mekanisme Penerima Bantuan Covid-19 dari Provinsi Banten Untuk Warga Tangsel

Avatar
Penulis: Andre Pradana
Diterbitkan: 22 April 2020, 21:08 WIB
MCMNEWS.ID | Dok.Istimewa

MCMNEWS.ID – Pimpinan BJB Syariah Cabang Serang yang membawahi regional BJB Syariah Cabang Kota Tangsel, Alim Sumantri, menjelaskan tahapan penyaluran bantuan kepada masyarakat terdampak Covid-19.

Alim mengatakan, penerima bantuan dari Provinsi Banten berjumlah 35.000, untuk kloter pertama terdapat 12.000 masyarakat yang menerima bantuan.

“Total penerima bantuan ada sekira 35 ribu. Sistemnya bertahap. Untuk kloter pertama, totalnya ada 12 ribu, dan tahap pertama kuotanya 300 account sampai Senin (27/4). Jadi kita dikasih data sama Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Banten, nanti mereka berkoordinasi kepada penerima bantuan melalui Dinsos setempat (Kota Tangsel),” kata Alim saat ditemui di BJB Syariah cabang Tangsel, di Ruko Golden Boulevard, Serpong, Rabu (22/4/2020).

Alim menyatakan untuk menyalurkan bantuan tersebut, Dinsos Kota Tangsel akan memberitahukan kepada penerima bantuan agar hadir ke kantor BJB Syariah atau ke Mobil Kas yang berada di Kelurahan Rawa Buntu.

“Jadi mekanismenya dari kita misalnya 300 account (penerima bantuan) yang siap untuk rekeningnya, data itu kita kirim ke Dinsos Provinsi, nah nanti dananya dikirim dari Dinsos Provinsi sambil mereka berkirim surat ke Dinsos Tangsel. Jadi Dinsos Tangsel yang ngasihtau ke warga, agar membawa KTP asli (e-KTP), untuk mereka buka rekening. Disitu kita sinkronkan datanya,” tutur Alim.

“Jika ada warga penerima bantuan tidak bisa hadir, entah itu sakit atau sudah tua, bisa diwakilkan dengan membawa surat kuasa. Jadi mekanismenya itu, rekeningnya kita siapin atas nama penerima bantuan, data rekening yang sudah kita siapkan itu kita kirim ke Dinsos Provinsi, nanti Dinsos Provinsi yang infoin ke Dinsos Tangsel, agar mereka (Dinsos Tangsel) menginformasikan ke penerima bantuan untuk hadir di tempat kita,” imbuhnya.

Alim menambahkan, untuk saat ini BJB Syariah memiliki 2 kantor cabang pembantu dan 1 mobil kas. Unit tersebut dikhususkan bagi warga penerima bantuan. Pihaknya pun, katanya lagi, siap mendatangi warga yang kesulitan saat akan membuka rekening guna mengambil bantuan tersebut.

“Kita juga siapkan sumber daya untuk mendatangi warga yang sekiranya tidak dapat datang ke kantor atau mobil kas kami. Tapi, menunggu jadwal di kita. Jadi nanti kita datangi,” pungkasnya.

Serupa dikatakan Kepala BJB Syariah Cabang Tangsel Asep Syaifulhadi bahwa saat ini pihaknya telah menyalurkan bantuan untuk 70 account (penerima bantuan).

“Tadi ada dua orang yang tidak dapat hadir karena sakit, tetapi sudah diwakili. Total hari ini ada 50 account atau KK yang menerima bantuan di mobil kas yang di Kelurahan Rawa Buntu. Kalau yang datang kesini ada 20 Account,” tandas Asep.

back-to-top