Sabtu, 26 Sep 2020 | WIB

Pemkot Tangsel : Penerapan PSBB Masih Dikaji Lebih Dalam

Avatar
Penulis: Andre Pradana
Diterbitkan: 06 April 2020, 17:58 WIB
MCMNEWS.ID | Wakil Walikota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie (Dok : Andre)

MCMNEWS.ID – Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) akan menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sebagai langkah percepatan penanganan penyebaran wabah Virus Corona Covid-19.

Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie, mengungkapkan, saat ini Pemerintah Kota Tangsel terus melakukan kajian-kajian sebelum penerapan kebijakan tersebut.

“Terkait dengan PSBB, saat ini pemerintah kota masih melakukan kajian. penerapan PSBB harus dikaji secara teliti dan mendalam karena menyangkut banyak hal seperti aspek mata pencaharian masyarakat dan ketersediaan kebutuhan pokok,” kata Benyamin saat dihubungi Mcmnews.id, Senin, (6/4/2020).

Selain itu, dikatakan Benyamin, Pemerintah Kota Tangsel juga terus melakukan koordinasi dengan Pemerintah pusat dan pemerintah daerah yang berbatasan dengan Kota Tangsel.

“Disamping itu, terkait PSBB ini pemerintah kota juga terus melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat, provinsi dan daerah yang berbatasan,” katanya.

Seperti diketahui, dalam Undang-Undang Nomor 6 tahun 2018 tentang karantina kesehatan, pada Pasal 49 Ayat 1 disebutkan bahwa terdapat beberapa jenis Karantina, salah satunya adalah Pembatasan Sosial Berskala Besar.

Dalam Undang-Undang tersebut dijelaskan, bahwa pemberlakuan karantina harus didasarkan pada pertimbangan epidemiologis, besarnya ancaman, efektifitas, dukungan sumber daya, teknis operasional, pertimbangan politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan.

back-to-top