Detail

Jika Sudah Vaksin, Penerbangan Domestik Cukup Tunjukan Test Antigen

Kamis, 12 Agustus, 2021, 11:24 WIB
Penulis: MCMNEWS.ID

MCMNEWS.ID – Penumpang pesawat domestik Jawa-Bali bisa menggunakan hasil tes antigen negatif covid-19 sebagai salah satu syarat untuk terbang di tengah PPKM Level 4. Dengan catatan, penumpang pesawat sudah menerima vaksin lengkap dua tahap sekaligus.

Hal tersebut tertuang dalam Aturan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 30 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4, Level 3, dan Level 2 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali.

“Untuk perjalanan menggunakan pesawat udara antar kota maupun kabupaten di Jawa dan Bali dapat menunjukkan hasil tes antigen dengan hasil negatif minimal H-1 sebelum keberangkatan,” tulis keterangan dalam aturan tersebut, ditulis Kamis (12/8/2021).

Namun, aturan tersebut hanya berlaku pada masyarakat yang telah menerima vaksin secara lengkap. Bagi pelaku perjalanan yang baru mendapatkan vaksin dosis pertama, diharuskan untuk tetap melampirkan surat tes PCR dengan hasil negatif 2 hari sebelum keberangkatan.

Kemudian, untuk pelaku perjalanan domestik yang menggunakan mobil pribadi atau kendaraan roda dua juga harus menunjukkan sertifikat vaksin, setidaknya dosis pertama.

Para pelaku perjalanan mobil pribadi dan motor, kemudian penumpang bus, kereta api serta kapal laut juga diwajibkan menunjukkan hasil tes negatif covid-19 berupa antigen maksimal sehari sebelum keberangkatan.

“Ketentuan tersebut hanya berlaku untuk kedatangan dari luar Jawa-Bali atau keberangkatan dari Jawa dan Bali menuju ke luar Jawa dan Bali,” tertulis dalam aturan tersebut.

Aturan dalam Inmendagri tersebut tak berlaku untuk transportasi yang masuk ke dalam wilayah aglomerasi. Contohnya, seperti Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi).

Laporan: Irfan Kurniawan