Detail

Jalin Kerjasama Dengan Tangsel, Ketua DPRD Sebut Pengelolaan Sampah di Serang Belum Baik

Wednesday, 10 February, 2021, 18:34 WIB
Penulis: Andre Pradana

MCMNEWS.ID – Ketua DPRD Kota Serang, Budi Rustandi angkat bicara terkait kerjasama pengelolaan sampah antara Pemerintah Kota Serang dan Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Menurutnya, hingga saat ini pengelolaan sampah di kota Serang belum maksimal. Hal itu, kata dia, lantaran minimnya anggaran yang digelontorkan oleh pemerintah kota Serang.

“Belum baik, karena itu anggarannya dan saya berapa kali sidak kesana (TPA Cilowong, red), dan saya sudah meminta ke provinsi nihil juga, lalu kita ke DPR RI nihil juga, suratnya sudah. Sudah berupaya banget, padahal ini kan etalasinya dari pada Provinsi Banten ibu Kota nya, kasih saja Rp 100 miliar khusus sampah,” kata Budi, ditulis, Rabu, (10/2/2021).

Namun demikian, Lanjut Budi, dikala ia pernah membicarakan hal tersebut pemerintah kota malah mengalihkan atau menggeser anggaran seperti soal persetujuan jalan yang menjadi skala prioritas.

“Saya contohkan satu, saya menyetujui jalan yang urgensi atau skala prioritas jalan masyarakat tetapi dalam kenyataan di geser menjadi pembangunan OPD, ini menjadi pembelajaran kita semua bahwa harus duduk bersama ketika pembahasan itu saya menginginkannya yang menjadi skala prioritas adalah waktu itu sampah padahal sudah berkali-kali dan sehingga ada korban,” ungkapnya.

Terkait sarana dan prasarana yang dijanjikan di TPA Cilowong, lanjut Budi, hingga kini tidak pernah ada. Meskipun pengajuan sudah disampaikan ke pemerintahan pusat dan pemerintah provinsi Banten.

“Masukan saya, lebih baik kita membuat sarana dan prasarana terkait Cilowong, tetapi tidak menambahkan sampahnya dari luar,” tandasnya.