Detail

Gerakan Vaksinasi Merdeka, Polda Metro Jaya Klaim 99% Warga Jakarta Sudah Divaksin Dosis Pertama

Wednesday, 18 August, 2021, 15:58 WIB
Penulis: MCMNEWS.ID

MCMNEWS.ID – Polda Metro Jaya mengklaim jumlah persentase warga DKI Jakarta yang telah menerima vaksin dosis pertama dalam gerakan vaksinasi merdeka mencapai 99%.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus, menyebut hal tersebut sesuai dengan data yang telah dihimpun sejak 1-17 Agustus 2021. Tercatat, hanya dalam waktu 10 hari saja, melalui program vaksinasi merdeka pihaknya telah menyuntikkan vaksin ke 1 juta warga.

“Kemudian dilanjutkan sampai dengan tujuh hari, total yang telah divaksin mendekati 2 juta warga DKI. Kalau dipersentasikan mencapai 99%,” kata Yusri, dikutip dari PMJNews, Rabu (18/8/2021).

“Kenapa 99 persen, karena ada warga Jakarta yang KTP Jakarta tinggalnya di luar negeri. Iya kan, ada warga Jakarta, KTP Jakarta tinggalnya di luar Jakarta, misalnya di Maluku, Ambon jadi tidak mungkin 100 persen,” jelasnya.

Selain itu, ada juga warga Jakarta yang saat ingin melakukan vaksinasi dan ternyata dinyatakan terpapar Covid-19.

“Ada warga jakarta pada saat mau divaksin, dia positif covid sehingga menunggu. Nah jadi 99 persen lebih,” ujarnya.

Mantan Kapolres Tanjungpinang itu kemudian menjelaskan pihaknya tengah menggencarkan vaksinasi merdeka untuk dosis kedua. Lantaran, baru sekitar 50% yang sudah menerima suntikan dosis kedua.

“Memang untuk di Jakarta ini yang sudah mendapatkan dosis kedua sesuai dengan data dari Kementerian Kesehatan, itu masih ada sekitar 48-50% lagi yang harus divaksin,” lanjutnya.

Selain untuk dosis kedua di jakarta, pihaknya juga mengejar program vaksinasi untuk wilayah peyangga seperti Depok, Bekasi dan Tangerang.

“Nah inilah yang algomerasi ini lah yang kita percepat sekarang ini. Yang masih 30 persen, 50 persen ini yang kita kejar biar herd imunnity di Jakarta termasuk daerah penyanggah ini bisa mendekati herd imunnity,” jelas Yusri.

“Supaya sama-sama imbang, karena Jakarta kalau di bawahnya masih rendah sementara mobilitas masyarakat penyanggah ke Jakarta cukup besar,” tegasnya.

Sementara udah vaksin kedua, katanya, masih menunggu. Dia belum bisa memastikan jadwalnya secara pasti karena saat ini fokus menuntaskan vaksinasi di daerah penyangga.

Diketahui sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran menginisiasi program vaksinasi merdeka yang berlangsung selama 17 hari mulai dari 1-17 Agustus 2021. Sebanyak 687 gerai vaksin didirikan dan tersebar di 900 RW di wilayah DKI Jakarta.

Laporan: Irfan Kurniawan