Rabu, 30 Sep 2020 | WIB

Info Pasar Ciputat Ditutup 3 Hari Karena Penyemprotan, Disperindag : Kabar Hoax

Avatar
Penulis: Andre Pradana
Diterbitkan: 22 Maret 2020, 22:15 WIB
MCMNEWS.ID | Situasi Pasar Ciputat Di malam hari. (Dok : Istimewa)

MCMNEWS.ID –  Pesan berantai adanya penutupan pasar tradisional kembali beredar di tengah masyarakat. Kali ini, kabar tersebut ditujukkan untuk Pasar Ciputat, Tangerang Selatan (Tangsel).

Sontak, pesan yang beredar melalui grup-grup Whatsapp itu menimbulkan kepanikan di tengah masyarakat Kota Tangsel. Informasi yang tersebar lewat media sosial bahwa Pasar Ciputat, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) akan ditutup selama tiga hari karena pandemi virus corona.

“Teman-teman info terbaru ya…. Pasar Ciputat akan libur 3 hari dikarenakan akan ada penyemprotan desinspektan mulai Senin sampe Rabu, jd bagi yg mau belanja bisa stock hari ini…. Kalo pasar induk mulai Selasa sampe Senin depan (seminggu)… Semoga bermanfaat… Just Copas,” bunyi pesan beredar pada Minggu (22/3/2020).

Namun saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tangsel Maya Mardiana pun langsung membantah kebenaran dari pesan tersebut.

“InsyaAllah tidak ada penutupan, tetap berjalan normal, dan jikalau ada pasti sore hari setelah pelayanan selesai dan bertahap untuk pembersihan dengan disinfektan,” ujar Maya saat dihubungi, Minggu (22/3/2020) malam.

Ia menegaskan bahwa pasar yang menjadi jantung perekonomian masyarakat, akan tetap berjalan normal.

“jadi untuk konsumen tetap berjalan dengan tetap melakukan protap social distancing dan perilaku hidup bersih sehat, cuci tangan, dan lain lain.” kata Maya.

“Sudah saya sampaikan kepada petugas lapangan untuk menyampaikan kepada konsumen pasar,” sambung Maya.

Selain itu, atas banyaknya berita hoaks yang beredar, Maya mengimbau agar masyarakat dapat tetap tenang dan tidak mudah terpengaruh.

“Masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh dengan berita hoax serta mengikuti dan mematuhi kebijakan yang telah ditetapkan, seperti tidak panic buying, menjaga social distancing dan keluar rumah hanya jika perlu, Untuk ketersediaan bahan pokok tetap mencukupi,” tutup Maya.

back-to-top