Sabtu, 19 Sep 2020 | WIB

HARI PEDULI SAMPAH NASIONAL 2020 AKSI BERSIH LINGKUNGAN BERSAMA KECAMATAN BOJONGMANGU

Avatar
Penulis: Solihin
Diterbitkan: 23 Februari 2020, 18:34 WIB
MCMNEWS.ID | (Dok : Istimewa)

MCMNEWS.ID – Puluhan remaja yang terdiri dari pelajar Sekolah Dasar (SD), SMPN, Laki-laki maupun perempuan dibagi menjadi grup-grup kecil. Satu grup dibekali sebuah kantong plastik sampah ukuran besar warna hitam. Lagi ngapain sih?

Mereka adalah para murid SDN Sukabungah 01, SMPN 3 Bojongmangu bersama para anggota organisasi kemasyarakatan seperti Pejuang Siliwangi ( PS), Angkatan Muda Siliwangi (AMS), Laskar Merah Putih (LMP), maupun pemerintah Desa Sukabungah, Sukamukti, Karangmulya, Bojongmangu, Karang indah, Medalkrisna.

Para pelajar dan masyarakat terlibat bahu membahu mensukseskan program pemerintah ”Indonesia bersih Indonesia maju Indonesia sejahtera”  terlihat antusias terlibat dalam kegiatan ini, dengan menggunakan alat perangkat kebersihan dan karung sebagai tempat alat angkut sampah yang kemudian akan di angkut menggunakan mobil truk sampah, Minggu (23/2/2020). 

Aksi tersebut untuk memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh tepat pada 21 Februari. Kegiatan tersebut diharapkan dapat mengedukasi siswa dan para generasi muda agar peduli lingkungan dengan membersihkan sampah yang berserakan.

Kegiatan “aksi bersih lingkungan bersama dalam rangka memperingati hari peduli sampah nasional 2020” dilaksanakan di pasar tradisional sukabungah, kecamatan bojongmangu kabupaten bekasi. Kegiatan ini sudah dimulai sejak pukul tujuh pagi.

Sertu Alamsyah dari sector 20 Bojongmangu sekaligus bertanggung jawab sebagai Babinsa Desa Bojongmangu Menyampaikan bahwa kegiatan ini sudah menjadi tugas dan peran semua masyarakat  agar dapat memberikan pembelajaran untuk saling mengingatkan agar setiap masyarakat tetap sadar tentang pentingnya kebersihan dan memberikan pembelajaran agar selalu terbiasa hidup sehat dan membuang sampah pada tempatnya.

Tim satgas citarum sub sector 20 bojongmangu memanfaatkan momen tersebut dengan memberikan edukasi dan mengajak masyarakat dan pelajar  untuk bersama sama membersihkan lingkungan karena sampah diera globalisasi sekarang ini tidak bisa kesampingkan apalagi seperti pasar merupakan salah satu tempat yang paling banyak digunakan untuk melakukan aktivitas belanja keperluan sehari hari baik sekunder maupun primer dan otomatis menjadi penghasil sampah terbesar setiap harinya.

Sertu Alamsyah juga berharap semoga kegiatan positif ini dapat terus dilakukan oleh masyarakat setiap harinya.

Untuk diketahui, Hari Peduli Sampah Nasional pertama kali ditetapkan pada 2005, tepat setelah terjadinya tragedi longsor sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat pada 21 Februari.

back-to-top