Selasa, 29 Sep 2020 | WIB

Giat Minimalisir Penyebaran Covid-19, Disperindag Tangsel Himbau Masyarakat Dan Pelaku Usaha Manfaatkan Kemajuan Teknologi

Avatar
Penulis: Andre Pradana
Diterbitkan: 23 Maret 2020, 12:41 WIB
MCMNEWS.ID | Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tangsel, Maya Mardiana saat turun sosialisasi dan lakukan edukasi kepada pelaku usaha dan pedagang pasar di beberapa wilayah Tangerang Selatan. (Dok : Andre)

MCMNEWS.ID –  Penyebaran Virus Covid-19 sudah semakin merambak di Indonesia. Bahkan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) resmi menyatakan Covid-19 sebagai Pandemi Global. Oleh karena itu, seluruh pihak harus bekerja sama untuk menahan penyebaran virus tersebut, termasuk di Pasar Tradisional dan Pasar Modern.

Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) telah mengambil langkah preventif guna meminimalisir penyebaran Virus Covid-19.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tangsel, Maya Mardiana, mengatakan, dirinya terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat yang melakukan aktivitas ditempat pusat perbelanjaan.

“Melalui surat edaran Kepala Disperindag Kota Tangsel pada tanggal 13 Maret 2020, pemerintah telah menyampaikan  langkah-langkah yang harus dilakukan oleh para pengelola pasar, toko modern, dan pusat perbelanjaan sesuai kebijakan yang telah ditetapkan,” kata Maya.

Maya menjelaskan, untuk mengetahui harga kebutuhan bahan pokok, dirinya menganjurkan kepada masyarakat untuk mengaksesnya melalui website Pagar Tangsel.

“Dengan mengakses Pagar Tangsel, masyarakat dapat mengetahui dengan mudah perkembangan harga kebutuhan pokok, pemantauan harga komoditi pangan secara online,” jelasnya.

Tidak hanya itu saja, Maya juga meminta kepada masyarakat untuk mendukung kebijakan pemerintah tentang Social Distancing, dirinya menghimbau agar masyarakat melakukan inovasi dengan memanfaatkan kemajuan teknologi.

“Selain itu saya juga menghimbau kepada pelaku usaha dan pedagang untuk melakukan beberapa inovasi, seperti layanan belanja antar ke rumah untuk mendukung program social distancing seperti yang sudah dilakukan oleh beberapa pasar atau toko modern lainnya”. ungkapnya.

Berikut adalah kebijakan yang dikeluarkan melalui surat edaran Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tangsel :

• Intensif melakukan pemantauan harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok;

• Menyampaikan informasi kepada tenant/ distributor/ pelaku usaha untuk tidak melakukan penimbunan stok barang dan tetap menjaga stabilitas harga, dengan tidak  menaikkan harga diatas kewajaran;

• Memastikan kelancaran distribusi barang kebutuhan pokok;

• Melaporkan jika ditemukan hal-hal diluar kewajaran baik dalam kenaikan harga, ketersediaan pasokan dan penimbunan stok barang;

• Memberikan edukasi atau menyampaikan informasi perilaku hidup sehat kepada pegawai dan tenant disekitarnya, dengan melakukan perilaku cuci tangan sesuai standar dan menyediakan hand sanitizer di tempat-tempat strategis.

(ADV)

back-to-top