Senin, 28 Sep 2020 | WIB

Tidak Perlu Panik, Disperindag Tangsel Sudah Pastikan Stok Pangan Aman

Avatar
Penulis: Andre Pradana
Diterbitkan: 03 April 2020, 20:04 WIB
MCMNEWS.ID | Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Maya Mardiana, saat tinjau dan pastikan pasokan bahan kebutuhan pokok. (Dok : Andre)

MCMNEWS.ID – Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Maya Mardiana, memastikan pasokan bahan kebutuhan pokok ditengah mewabahnya Virus Covid-19 serta menjelang bulan Ramadhan tercukupi sampai hari raya Idul Fitri 2020 mendatang.

Hal itu dikatakan Maya usai dirinya melakukan pengecekan pasokan bahan kebutuhan pokok di Distributor yang ada di Kota Tangsel.

“Sampai pasca lebaran dari distributor tersedia stock barang Sembako dan bapokting (barang pokok penting) lainnya seperti gas elpiji dan BBM,” kata Maya, saat dihubungi Mcmnews.id, Jum’at, (3/4/2020).

Maya menjelaskan, saat ini Disperindag sudah menjalin kerjasama dengan Satgas Pangan Polres Tangsel untuk memantau agar tidak ada pedagang yang melakukan penimbunan barang.

“Untuk menjaga stabilisasi harga, kami bekerja sama dengan satgas pangan polres untuk terus memantau jangan sampai ada penimbunan barang,” jelasnya.

“Kemudian juga berkoordinasi dengan mitra terkait seperti dengan DKP3 (dinas ketahanan pangan, pertanian dan perikanan), bulog, hiswana migas, dan pertamina, terkait ketersedian barang sampai dengan pasca lebaran, jika demand dan supply seimbang maka dapat diperkirakan harga akan relatif stabil,” lanjutnya.

Maya mengungkapkan, Disperindag Kota Tangsel bersama Bulog juga telah melakukan operasi di Pasar rakyat yang ada di Tangsel.

“Dengan Bulog salah satu kegiatannya adalah operasi pasar, untuk menstabilkan harga pasar, karena yang dijual adalah harga dibawah HET (Harga Eceran Tertinggi),” ungkapnya.

Maka dari itu, Maya menghimbau kepada masyarakat untuk tidak khawatir dan jangan panik dengan membeli barang secara berlebihan.

“Manfaatkan pembelian layan antar yang disiapkan pedagang, penuhi kebutuhan pokok sesuai kebutuhan saja, selama tidak terjadi panic buying ketersediaan bahan pokok aman sampai lebaran mendatang,” tandasnya.

back-to-top