Sabtu, 19 Sep 2020 | WIB

Cilegon Jebol, Satu Warga ODP Kini Terkonfirmasi Positif Corona

Bang Noy
Penulis: Bang Noy
Diterbitkan: 29 April 2020, 13:04 WIB
MCMNEWS.ID | (Dok : Ilustrasi)

MCMNEWS.ID –   Status Kota Cilegon sebagai daerah dengan zero positif Covid-19 di Provinsi Banten akhirnya jebol. Hal itu terjadi setelah seorang  warga Cilegon positif terpapar Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Pasien tersebut menjadi kasus positif pertama di Kota Industri ini.

Satu warga di Kota Cilegon dinyatakan positif terjangkit virus Corona atau Covid-19. Yang bersangkutan sebelumnya berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) Kota Cilegon.

Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid – 19 Kota Cilegon Ahmad Aziz Setia Ade mengatakan, satu orang yang terkonfirmasi positif Covid – 19 tersebut adalah warga Kelurahan Panggung Rawi, Kecamatan Jombang.

“Domisili yang bersangkutan itu di Kelurahan Panggung Rawi, Kecamatan Jombang. Adapun yang bersangkutan jenis kelaminnya perempuan, usia 31 tahun dan yang bersangkutan juga mengontrak rumah di Tangerang bersama suaminya,” ungkap Aziz dalam konferensi pers di Aula Setda II Kota Cilegon, Rabu (29/4/2020).

Yang bersangkutan dinyatakan positif Covid – 19 setelah menjalani swab dan PCR. Kemudian yang bersangkutan diketahui selama ini menderita penyakit autoimun.

“Jadi yang bersangkutan juga punya penyakit autoimun,” ujarnya.

Adapun yang bersangkutan saat ini sudah dirujuk ke RSUD Banten untuk menjalani perawatan intensif.

Perlu diketahui, kasus positif Covid-19 di Kota Cilegon ini merupakan yang pertama dari sekian banyak PDP dan ODP.

Update data situasi Covid-19 di Kota Cilegon dari Dinas Kesehatan Kota Cilegon melalui akun Instagram resmi @dinkes_cilegon pada Selasa (28/4/2020) kemarin pukul 16.00 WIB tercatat, jumlah PDP Covid-19 sebanyak 18 orang, 11 orang diantaranya meninggal, 4 orang sembuh, 3 orang lainnya masih dalam perawatan. Jadi, jumlah kasus PDP Covid-19 di Kota Cilegon saat ini menjadi 3 orang.

Sementara itu juga tertera jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) Covid-19 di Kota Cilegon sebanyak 477 orang, 410 orang diantaranya dinyatakan sembuh, sedangkan 67 orang lainnya masih dalam pemantauan. Jadi, data terupdate pada Selasa 28 April 2020 jumlah ODP Covid-19 di Kota Cilegon sebanyak 67 orang. Selain itu juga tertera 2 Orang Tanpa Gejala (OTG) Covid-19 di Kota Cilegon.

Dengan adanya kasus positif ini, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid – 19 Kota Cilegon segera melakukan penyemprotan cairan disinfektan di rumah dan lingkungan yang bersangkutan.

back-to-top