Kamis, 1 Okt 2020 | WIB

Penyerahan Bansos, Pemkot Cilegon Mulai Giatkan Untuk Warga Terdampak Covid-19

Bang Noy
Penulis: Bang Noy
Diterbitkan: 06 Mei 2020, 11:43 WIB
MCMNEWS.ID | Walikota Cilegon Edi Ariadi saat menyerahkan bansos ke warga.

MCMNEWS.ID – Pemerintah Cilegon mulai menyalurkan bantuan untuk masyarakat terdampak wabah virus Covid-19. Bantuan tahap pertama ini diberikan kepada 8.737 orang dari berbagai kalangan dan propesi. Masing-masing masyarakat mendapatkan Rp 500 ribu.

Bantuan yang diberikan kepada masyarakat terdampak Covid-19 ini berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Cilegon. Bantuan sosial tahap pertama tersebut dibagikan oleh lima OPD.

Adapun lima dinas itu yakni Dinas Koperasi dan UMKM Kota Cilegon yang akan memberikan kepada 1.475 pelaku UMKM , Dinas Pertanian kepada 4.048 petani dan nelayan, Dinas Perhubungan kepada 734 orang ojek pangkalan dan sopir angkot, Dinas Sosial kepada 1.991 kartu keluarga serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) kepada 489 orang.

Bantuan berupa sembako dan uang Rp500 ribu di saldo rekening tahap pertama tersebut langsung diserahkan Walikota Cilegon, Edi Ariadi disaksikan perwakilan perwakilan unsur forkopimda.

“Ini adalah upaya pemerintah untuk membantu masyarakat agar tetap memiliki pemasukan. Sumber bantuan ini berasal dari proyek-proyek dan kegiatan daerah yang dialihkan dan sekarang diarahkan untuk warga terdampak Covid-19 semua. Nanti akan ada tahap kedua,” ujar Edi dalam sambutan.

Penerima didata oleh sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) seperti Dinas Perhubungan terhadap pengemudi ojek, maupun Dinas Perdagangan dan Perindustrian untuk kalangan pedagang terdampak. “Mengantisipasi adanya penerima bantuan ganda, kita gunakan NIK dari e-KTP penerima,” terangnya.

Sementara Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Cilegon, Achmad Jubaedi mengatakan penerima bansos sudah terdata dalam Jaminan Sosial Cilegon Mandiri (JSCM). “Rencananya total penerima bantuan dari APBD ini sekitar 18 ribu dan itu akan berjalan tidak selesai dalam satu bulan,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Wali kota Edi juga mengimbau kepada masyarakat Kota Cilegon, agar tetap melakukan pola hidup sehat di tengah wabah Covid -19.

“Saya terus mengimbau kepada masyarakat untuk tidak berkerumun, melakukan pola hidup sehat dan memakai masker saat keluar rumah,” imbuhnya.

back-to-top