Detail

Pemprov Banten Terima Penghargaan Penilaian Aset Dari KPK

Wednesday, 6 January, 2021, 18:11 WIB
Penulis: Andre Pradana

MCMNEWS.ID – Pemerintah Provinsi Banten menerima penghargaan dari Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) soal penilaian pengelolaan aset.

Penghargaan yang diterima Pemerintah Provinsi Banten berdasarkan hasil penilaian KPK terhadap Monitoring Center For Prevention (MPC) pada area manajemen aset daerah.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Banten, Rina Dewiyanti, mengatakan, Pemprov Bantan mendapatkan penilaian 95,61 persen dan menjadi yang tertinggi diantara Provinsi lain di Indonesia.

“Ini merupakan prestasi besar Pemprov Banten atas manajemen aset dengan raihan point 95,61 persen dan merupakan capaian tertinggi antara Provinsi di Indonesia,” kata Rina, ketika dihubungi Mcmnews.id, Rabu, (6/1/2021).

Rina menjelaskan, penilaian penghargaan tersebut berdasarkan 4 aspek diantaranya adalah data base aset, pengelolaan aset, sertipikat aset, dan Penertiban dan pemulihan Aset.

Data base aset sendiri meraih nilai 96 persen, pengelolaan aset 100 persen, sementara sertifikat aset 86,7 serta penertiban dan pemulihan aset mendapatkan nilai 100 persen.

Sekedar informasi, MCP merupakan monitoring capaian kinerja program koordinasi dan supervisi pencegahan korupsi (korsupgah), yang dilaksanakan pemerintah daerah di seluruh Indonesia, dan meliputi delapan area intervensi.

Pada 2018, posisi MCP Provinsi Banten mencapai 69 persen. Kemudian 2019 mencapai peringkat tiga nasional, dan per Minggu (22/11/2020) berada di peringkat dua dengan perolehan 84,50 persen, di bawah Kabupaten Badung.