Detail

Memiliki Kuota Haji Terbanyak, Hasbi Jayabaya: Tahun 2022 Banten Punya Asrama Haji

Monday, 30 August, 2021, 13:01 WIB
Penulis: Irfan

MCMNEWS.ID – Anggota Komisi VIII DPR RI, Mochamad Hasbi Asyidiki Jayabaya, menyebut, tahun depan Banten harus memiliki asrama haji sendiri.

Bukan tanpa sebab, lanjut Hasbi, hal tersebut lantaran Provinsi Banten memiliki jumlah kuota jemaah haji terbesar di Indonesia, yakni 9.493 kuota haji, berdasarkan rilis dari Kementerian Agama pada tahun 2019.

Jumlah kuota tersebut menempatkan Banten di urutan keempat kuota haji terbanyak dari seluruh provinsi di Indonesia.

Selama ini, dikatakan Hasbi, jemaah asal Banten menggunakan Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta dalam setiap penyelenggaraan ibadah haji.

“Insya Allah, tahun 2022, Banten punya asrama haji di Kota Tangerang,” Mochamad Hasbi Asyidiki Jayabaya saat mengikuti Kunjungan Kerja Spesifik Komisi VIII DPR RI ke UIN Banten, ditulis Senin (30/8/2021).

Hasbi menambahkan, karena sampai saat ini Banten belum memiliki asrama haji, akibatnya, jemaah dari Banten harus berangkat dan pulang melalui Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur. Padahal, lokasi Bandara Soekarno-Hatta ada di Tangerang, Banten.

“Insya Allah, di tahun 2022 sudah ada pemberangkatan dari asrama haji Banten,” tuturnya.

Anggota DPR RI Dapil Banten I itupun menjelaskan, Kemenag tahun depan akan mengalokasikan Rp40,5 miliar untuk pembangunan asrama haji, rencananya akan dibangun di lahan seluas 4,4 hektar. Hasbi berharap proses pembangunan bisa berjalan lancar, sehingga pada bulan haji tahun depan sudah bisa digunakan, sehingga tahun depan kloter pertama jemaah haji 1443 H/2022 M Provinsi Banten mulai diberangkatkan pada Juni 2022 dari Asrama Haji Banten.

“Kelak asrama haji ini juga dapat digunakan untuk keberangkatan jemaah umrah karena posisinya sangat strategis, dekat dengan Bandara Soekarno-Hatta,” tandasnya.