Detail

Mampu Lawan Pandemi, Satgas Sebut Kenaikan Kasus Aktif Covid di Banten Melambat

Rabu, 14 Juli, 2021, 15:30 WIB
Penulis: Ginan

MCMNEWS.ID   –   Kenaikan mingguan kasus positif Covid-19 di Provinsi Banten mengalami perlambatan. Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan, perlambatan kenaikan kasus ini penting karena menunjukkan kemampuan dalam melawan pandemi Covid-19.

Dari catatan Satgas, kasus aktif pada 27 Juni tercatat meningkat sebesar 45,52 persen dari minggu sebelumnya. Kemudian pada 4 Juli, kasus aktif meningkat 42,15 persen dan pada 11 Juli kasus aktif meningkat sebesar 27,36 persen.

“Peningkatan ini cenderung lebih rendah daripada minggu-minggu sebelumnya,” ujar Wiku saat konferensi pers.

Wiku merinci, dari 34 provinsi di Indonesia, sebanyak 16 provinsi di antaranya tercatat mengalami perlambatan kenaikan kasus aktif. 

Sedangkan di Pulau Jawa dan Bali hanya lima provinsi yang mengalami perlambatan kenaikan kasus aktif, yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, DIY, Jawa Timur, dan Banten.

Provinsi Banten mengalami perlambatan kenaikan kasus positif bersama dengan 15 provinsi lainnya di Indonesia. Adapun rincian kenaikan lima provinsi tersebut di antaranya:

  1. Banten pekan sebelumnya naik 56%, pekan ini naik 30%.
  2. Kasus di DKI Jakarta pekan sebelumnya naik 50%, sementara pekan ini naik 1,55%.
  3. Jawa Barat pekan sebelumnya naik 50%, pekan ini naik 36%.
  4. DIY pekan sebelumnya naik 49%, pekan ini naik 39%.
  5. Jawa Timur pekan sebelumnya naik 51%, pekan ini naik 50%

“Adanya perlambatan kasus aktif ini dapat terjadi karena kenaikan kasus positif yang tinggi ini diimbangi dengan kenaikan kesembuhan yang tinggi juga. Ini adalah hal yang penting karena ini menunjukan kemampuan kita dalam melawan pandemi ini,” ujar Wiku.

Menurutnya, perlambatan kenaikan kasus ini penting karena menunjukkan kemampuan dalam melawan pandemi Covid-19. Ia menambahkan, jika dilihat pada gap antara kenaikan kasus positif dan kesembuhan semenjak lonjakan kasus pada beberapa pekan terakhir, penambahan kasus positif jauh lebih tinggi daripada penambahan kesembuhan setiap harinya.