Detail

Dukung PEN, Kanwil Bea Cukai Banten dan LPEI Kolaborasi Bantu UMKM

Senin, 1 Maret, 2021, 13:19 WIB
Penulis: Andre Pradana

MCMNEWS.ID – Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Provinsi Banten dan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) Jakarta resmi berkolaborasi untuk mendampingi, mengedukasi dan mengasistensi UMKM untuk bertahan dalam menghadapi pandemi covid-19.

Kolaborasi tersebut, diharapkan dapat meningkatkan produksi hingga ekspor ke pasar internasional. Hal itu adalah bagian dari rencana aksi nyata dukungan terhadap program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

“Kolaborasi ini hendaknya ditindaklanjuti dengan aksi nyata dilapangan, agar pengusaha benar-benar dapat mengetahui dan memanfaatkan semua fasilitas yang diberikan pemerintah baik lewat Bea Cukai maupun LPEI,” kata Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai, Moh Saifuddin, dalam keterangan yang diterima Mcmnews.id, Sabtu, (27/2/2021).

“Sehingga dukungan pemerintah di masa sulit seperti sekarang ini benar-benar dapat dirasakan oleh para pengusaha industri dan UMKM,” lanjutnya.

Sementara itu LPEI menawarkan berbagai bentuk dukungan kepada industri dan UMKM lewat program penyaluran pembiayaan ekspor bagi pengusaha yang telah melakukan eskpor dan jasa konsultasi kepada pelaku usaha yang berorientasi ekspor untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas usaha.

Acara tersebut diikuti oleh perwakilan unit kehumasan dari setiap satuan kerja Kementerian Keuangan yang berada di Provinsi Banten seperti Kanwil DJBC, DJKN, DJP, dan DJPb,  serta turut hadir humas KPU BC Soekarno-Hatta.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kakanwil DJKN Banten, Nuning Sri Rejeki Wulandari, yang juga menjabat sebagai Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Banten, mengapresiasi langkah tersebut.

“Kegiatan Roadshow Kehumasan yang dilaksanakan ini sungguh bermanfaat. Komunikasi dan koordinasi yang baik antar satker Kementerian Keuangan diharapkan dapat terjalin sehingga menguatkan sinergi,” kata Nuning.

“Semoga dalam acara ini dapat dirumuskan acara-acara yang akan dieksekusi bersama hingga dapat terlaksana program kerja kehumasan yang selaras,” tambahnya.