Detail

Banjir di Cilamaya Karawang Meluas, Kades Sebut Bantuan Semakin Menipis

Friday, 5 February, 2021, 19:16 WIB
Penulis: Ginan

MCMNEWS.ID – Curah hujan dengan intensitas tinggi membuat volume sungai kalen maryamah meningkat sehingga membuat tiga RT di Desa Rawagempol Wetan, Cilamaya Wetan, Karawang, terendam banjir. Kedalaman air dipemukiman warga mencaapi ketinggian paha orang dewasa.

Satgas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilamaya, Aan Susanto, mengatakan, hingga kini 10 Kepala Keluarga (KK) telah melakukan evakuasi.

“Air yang masuk ke pemukiman warga berkisar 50 centimeter, bahkan 10 KK diantaranya mulai dievakuasi dan diungsikan kepada kerabatnya yang tidak banjir,” kata Aan, Jumat, (5/2/2021).

“Tiga RT masih terendam luapan sungai Kalen Maryamah tersebut. Diantaranya RT 01/01 sebanyak 120 jiwa di 30 rumah, RT 05/02 sebanyak 78 jiwa di 23 rumah dan RT 06/02 sebanyak 73 jiwa di 20 rumah,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Desa Rawagempol Wetan, Udin Abdul Gani, mengatakan, banjir yang terjadi diakibatkan curah hujan yang tinggi selama satu minggu.

Lanjut Udin, karena posisi sungai kalen maryamah yang dangkal di hilir, membuat aliran sungai meluap ke pemukiman warga.

Sedangkan untuk bantuan, dikatakan Udin, sudah datang dari Dinas Sosial (Dinsos), Palang Merah Indonesia (PMI), Badan Penanggulangan Bancana Daerah (BPBD).

Namun karena banjirnya meluas dan lama surut, lanjut Udin, stok bantuan juga cepat habis. Sehingga butuh banyak lagi bantuan dari pemerintah, relawan maupun komunitas dan perusahaan agar kiranya bisa membantu korban banjir ini.

“Butuh banyak, bantuan yang turun kemarin habis, sementara banjir terus menggenang dan lama surutnya,” pungkasnya.