Sabtu, 19 Sep 2020 | WIB

Anies: Ini Bukan Soal Drainase, Curah Hujan Yang Sebabkan Banjir di Jakarta

Bang Noy
Penulis: Bang Noy
Diterbitkan: 01 Januari 2020, 21:40 WIB
MCMNEWS.ID | Foto: Instagram/aniesbaswedan

JAKARTA, MCMNEWS.ID –  Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan banjir yang terjadi di sejumlah daerah Jakarta, bukan disebabkan permasalahan drainase atau saluran air. Ia memastikan, drainase di berbagai sudut wilayah Jakarta sudah terpelihara dengan baik.

“Ini bukan masalah drainase. Seluruh saluran drainase sudah dibersihkan,” kata Anies saat melakukan pemantauan wilayah banjir di Jakarta, Rabu (1/1).

Anies mengatakan, curah hujan yang tinggi sejak Selasa (31/12/19) malam tidak dapat ditangani. Hal ini lah yang menjadi penyebab terjadinya banjir.

“Curah hujan tinggi tidak dalam kendali kita, tapi penanggulangan ada dalam kendali kita,” ucapnya.

Menurutnya, apa yang terjadi saat ini mirip dengan banjir pada 2013 lalu. Saat itu, sejumlah tanggul di Jakarta jebol akibat luapan air.

“Di bawah Kuningan dan Jalan Latuharahari pernah jebol tanggul dan merendam Bundaran HI. Pagi tadi mulai ada tanda-tanda air keluar dari dalam tanah dan volumenya banyak, kemudian meresap ke dalam,” ucap Anies.

Menurut Anies, saat ini pihaknya fokus pada evakuasi warga yang terkepung di dalam rumah. Ia pun meminta kepada seluruh pihak untuk tidak mencari kesalahan dari banjir tersebut.

“Pada saat ini kami tidak mau menyalahkan siapa pun dan apa pun. Sekarang saatnya memastikan warga selamat dan terlindungi,” ujarnya.

back-to-top