Sabtu, 26 Sep 2020 | WIB

Manfaat Mengajarkan Anak Membatik, Selain Melestarikan Budaya

MCMNEWS.ID
Penulis: MCMNEWS.ID
Diterbitkan: 07 Januari 2020, 21:49 WIB
MCMNEWS.ID | Dok. Istimewa

MCMNEWS.ID | Membatik dengan mengunakan media kain, alat tulis, canting dan lain-lain tentu dapat mengkreasikan suatu karya sesuka hati.

Di balik keseruan membatik, tentu dapat manfaat bagi anak selain melestarikan budaya. Berikut beberapa manfaat yang di rangkum MCMNEWS.ID dalam membatik.

1. Mengasah Kreativitas

Batik tidak hanya memiliki satu pola dan corak, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan dari masing-masing pembuatnya. Dan Artinya “ Anak akan berlatih memicu Kreatifitasnya, yang harus berpikir lebih dalam tentang hasil akhir dari membatik.”

2 Melestarikan Budaya Bangsa

Batik merupakan suatu tanda atau ciri khas dari Indonesia. “Dengan membiasakan anak membatik, ini bisa membantu untuk terus menyematkan ke generasi selanjutnya bahwa batik adalah milik kita.”

3. Melatih Kecerdasan Motorik

Membatik adalah hal yang tidak mudah untuk dilakukan. Sebab, ini membutuhkan koordinasi antara mata dan tangan. Bila sejak kecil anak-anak diajarkan tentang membatik, tentu secara tidak langsung akan pula melatih kecerdasan motoriknya.

4. Mengajarkan Kesabaran

Dengan membatik tentu akan mengajarkan anak untuk bersabar, karena membatik dalam pengerjaan tidaklah cepat dan mudah. Sebab membatik membutuhkan kesabaran karena cairan yang harus dipastikan tidak menetes maupun menggunakan canting dengan sesuai pola. “Anak-anak pasti mendapat nilai plus dalam hal kesabaran. Karena mereka tahu hasil akhirnya itu ditunggu. Jadi harus tetap sabar sampai selesai,”

back-to-top