Sabtu, 31 Okt 2020 | WIB

Ikut Pilbup Pessel, Faldo Tegaskan Tidak Pindah Partai.

Bang Noy
Penulis: Bang Noy
Diterbitkan: 27 Desember 2019, 13:27 WIB
MCMNEWS.ID | (Dok : (@FaldoMaldini) Via Akun Twitter Pribadi Faldo Maldini

MCMNEWS.ID – Ketua DPW Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Sumatera Barat (Sumbar), Faldo Maldini membantah dirinya pindah masuk Partai Demokrat. Faldo menegaskan, dirinya hanya mendaftar lewat Demokrat untuk maju menjadi calon Bupati Pesisir Selatan (Pessel). Sebab, PSI belum punya suara di Sumbar.

“Yang bilang saya pindah partai siapa? Memang partai saya tidak bisa mencalonkan kandidat. Di Pilkada Pessel, tidak ada juga partai yang bisa mencalonkan kandidat sendiri. Jadi, hampir semua kandidat pasti mendaftar,” kata Faldo saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (26/12/2019).

Dia menuturkan, ada Ketua Partai Gerindra Pesisir Selatan juga mendaftar di Partai Demokrat. Kemudian beberapa waktu lalu, ada Ketua Partai Demokrat Sumbar mendaftar ke Partai Gerindra, Ketua PAN Sumbar mendaftar di Nasdem, dan Ketua Gerindra Sumbar mendaftar di Partai Golkar. 

Faldo menyebut, hampir semua kandidat mendaftar di semua partai yang membuka pendaftaran. Tidak ada partai yang bisa mencalonkan kandidat sendiri di Pilkada nanti.

Di DPRD Pesisir Selatan ada 45 anggota. UU Pilkada mensyaratkan parpol atau gabungan parpol harus punya 20 persen kursi di DPRD untuk bisa maju Pilkada. Dari 45 maka minimal harus punya 9 kursi.

“Memang seperti itu mekanisme pencalonan di Pilkada. Di situ, partai politik bekerja melahirkan opsi kepemimpinan bagi masyarakat,” ucapnya.

Yang jelas, kata Faldo, ia akan mengikuti semua mekanisme pencalonan. Dia mendukung semua partai guna menghadirkan kepemimpinan terbaik untuk daerah dan masyarakat.

“Saya berharap Pesisir Selatan nantinya mendapatkan kepemimpinan yang mengedepankan rasa, yang merasakan keresahan warganya,” pungkas eks Politikus PAN itu.

back-to-top