Detail

DPR Sebut Pelaksanaan Pilkada 2020 Masih Perlu Evaluasi

Tuesday, 19 January, 2021, 22:06 WIB
Penulis: Ginan

MCMNEWS.ID – Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia Tandjung, mengatakan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 perlu dilakukan evaluasi.

Disebutkan Doli, diantaranya masih terdapat pelanggaran dan sengketa Pilkada, masih adanya indikasi politik uang, masih ditemukan permasalahan dalam daftar pemilih tetap (DPT), pelanggaran netralitas ASN, Polri/TNI, dan lemahnya komunikasi dan koordinasi antar penyelenggara Pemilu.

“Untuk menindaklanjuti permasalahan Pilkada Serentak tahun 2020 diatas Komisi II DPR RI membentuk Panitia Kerja (Panja) Evaluasi Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020,” kata Doli, di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (19/1/2021).

Kendati demikian, Doli mengungkapkan bahwa semua pihak patut bersyukur dan berbangga bahwa Pilkada serentak tahun 2020 bisa dilaksanakan secara baik.

Politisi Fraksi Golkar itu juga menyampaikan rasa bela sungkawa kepada para petugas dan aparat yang gugur dalam melakukan tugasnya.

“Pilkada ini diharapkan menghasilkan Kepala Daerah yang bisa sungguh-sungguh bekerja memajukan daerahnya pada saat dia memimpin lima tahun ke depan,” tutup Doli.