Detail

Dipimpin Iti Jayabaya, Massa Kubu AHY Geruduk Acara HUT Demokrat Kubu Moeldoko

Friday, 10 September, 2021, 21:12 WIB
Penulis: Bang Noy

MCMNEWS.ID  – Sejumlah massa yang mengaku perwakilan kubu Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menggeruduk acara perayaan HUT Demokrat yang dilselenggarakan oleh kubu Moeldoko di Hotel JHL Solitaire Gading Serpong, Tangerang, Jumat (10/9/2021) malam.

Mereka, memaksa masuk ke tempat acara untuk meminta agar acara tersebut dibubarkan. Massa yang menggeruduk itu jumlahnya terus berdatangan dan sambil berteriak untuk membubarkan acara.

Ratusan kader yang dipimpin Iti Octavia Jayabaya, Ketua DPD Demokrat Banten itu, memaksa masuk ke tempat acara untuk meminta agar acara tersebut dibubarkan.

Suasana bahkan sempat tegang lantaran adanya nada tinggi dari massa yang memaksa untuk membubarkan acara.

Julham Firdaus pengurus DPC Partai Demokrat Kota Tangerang Selatan yang merupakan salah satu dari massa yang menggeruduk, meminta agar panitia acara menurunkan segala macam atribut yang berkaitan dengan Partai Demokrat. Karena acara tersebut dianggap ilegal.

Julham melontarkan permintaan tersebut langsung kepada salah satu pendiri Partai Demokrat Hencky Luntungan.

“Secara personal dan pribadi, tolong layar dan atribut (dicopot). Minta tolong bang, abang jiwa Demokrat kami pun jiwa Demokrat,” kata Zulham kepada Hencky.

Julham kembali meminta kepada Hencky untuk memastikan agar acara perayaan HUT itu berjalan tanpa atribut apapun yang berkaitan dengan Partai Demokrat.

“Tolong lah, tolong bang. Bang, harus sayang sama partai ini. Kami bukan pendiri, tapi kami setia dengan partai ini,” sambungnya.

Selain mencabut semua atribut partai, Julham meminta agar ada perwakilan darinya yang ikut serta dalam acara tersebut untuk memastikan tak ada atribut Demokrat dalam bentuk apapun.

Massa sempat bersitegang dengan pihak keamanan hotel lantaran ingin masuk. Tak berselang lama, personel Polres Tangerang Selatan membubarkan massa. Pada pukul 19.05 WIB, massa diarahkan keluar hingga ke pelataran hotel.

Julham mengatakan tidak boleh ada acara yang mengatasnamakan Demokrat tanpa instruksi ketua umum. Panitia acara telah secara ilegal memasang lambang partai.

“Jadi kami pastikan itu harus dibubarkan atas nama hukum,” katanya saat dikonfirmasi wartawan, Jum’at (10/9/2021).

Selain itu dari video yang beredar di media sosial, Iti Jayabaya yang juga Bupati Lebak di hadapan massa mengaku telah berhasil membuat kesepakatan dengan kelompok yang mengadakan acara di Hotel JHL Solitaire Gading Serpong, untuk mereka melepas seluruh atribut Partai Demokrat.

“Kita seharian tadi terus berada disini untuk menegosiasikan apa yang kita inginkan untuk menjaga marwah partai yang kita cintai ini,” ucap Iti di hadapan massa.

“Kita telah membuat kesepakatan untuk membubarkan dan mencopot semua atribut partai di lokasi acara ini. Saya ucapkan terimakasih atas soliditas dan komitmen yang ditunjukkan oleh semua saudara-saudara disini,” imbuhnya.

Sementara itu aparat Polres Tangerang Selatan (Tangsel) juga membubarkan acara peringatan hari ulang tahun (HUT) Partai Demokrat yang diselenggarakan kubu Moeldoko. 

Acara tersebut diketahui tidak mengantongi izin dari pihak kepolisian.

“Sampai hari ini kami tidak menerima pemberitahuan. Salah satu pertimbangan dibubarin karena mengadakan kegiatan,” ujar Kapolres Tangsel AKBP Iman Imanuddin di Hotel JHL Solitaire, Gading Serpong, Tangerang, Jumat (10/9/2021).

Selain itu, Iman mengatakan, pihaknya membubarkan acara tersebut lantaran berpotensi menimbulkan kerumunan. Terlebih pandemi Corona belum berakhir.

“Kami imbau supaya tidak dilanjutkan kegiatan seremonial. Dengan pertimbangan keamanan karena berpotensi menimbulkan kegaduhan,” kata Iman.