Jumat, 10 Jul 2020 | WIB

UEFA Akan Minta Uang Ke Klub Jika EURO 2020 Ditunda Ke 2021?

MCMNEWS.ID
Penulis: MCMNEWS.ID
Diterbitkan: 17 Maret 2020, 17:42 WIB
MCMNEWS.ID | Trofi Piala Eropa 2020. (Dok : UEFA)

MCMNEWS.ID – Turnamen antara negara Eropa, Euro 2020 yang dijadwalkan musim panas ini hampir pasti ditunda karena pandemi virus corona yang melanda seluruh dunia.

Penyebaran virus corona sangat cepat sejak penularannya dimulai pada awal tahun 2020. Kini Italia menjadi negara Eropa yang mencatatkan kasus virus corona terbesar di benua Eropa.

Kondisi krisis ini langsung berdampak pada sepak bola di Eropa. Bahkan baru-baru ini, sepak bola Spanyol juga terkena imbasnya dan harus menghentikan kompetisi sementara.

Sejauh ini sudah ada beberapa klub yang langsung mengambil langkah preventif dengan mengkarantina timnya, yaitu Juventus, Inter Milan dan Real Madrid.

Penundaan ini jelas jadi kerugian bagi UEFA. Sebagai kompensasi mereka meminta klub membayar 275 juta pound atau sekitar Rp4,6 triliun.

Seperti diketahui, sepak bola domestik di Eropa ditunda dan tidak mungkin liga mana pun akan dilanjutkan hingga musim panas.

Dengan demikian, kompetisi internasional utama Eropa (Euro 2020) akan diagendakan di belakang semua laga tunda liga domestik yang tersisa di musim liga 2019/20.

Dikutip MCMNEWS.ID  dari Give Me Sport, ada beberapa ide tentang bagaimana Euro 2020 dapat dialokasikan kembali pada kalender.

Salah satu pilihan adalah memindahkan turnamen ke tahap akhir tahun ini, dengan asumsi wabah corona sudah reda.

Pilihan lain adalah memindahkan seluruh kompetisi ke musim panas 2021, tetapi tampaknya UEFA tidak senang dengan alternatif itu.

back-to-top