Senin, 21 Sep 2020 | WIB

Tak Cuma Masalah Teknik, Bayern Munchen Unggul Mentalitas Dibanding Barcelona

Bang Noy
Penulis: Bang Noy
Diterbitkan: 15 Agustus 2020, 6:55 WIB
MCMNEWS.ID | (Dok: Istimewa)

MCMNEWS.ID  –    Perjalanan Barcelona di Liga Champions 2019/20 akhirnya terhenti secara mengenaskan setelah klub La Liga tersebut menelan kekalahan telak 2-8 dari wakil Bundesliga, Bayern Munchen, dalam babak perempat final yang dihelat di Estadio Da Luz, Sabtu (15/8) dinihari WIB.

Fans Barcelona pun kini tertunduk lesu setelah menyaksikan tim idolanya akan mengalami kekalahan memalukan dari Bayern Munchen dalam laga perempat final Liga Champions.

Bayern Munchen berhasil membuat Barca mati kutu dengan kepercayaan diri yang mereka tunjukkan di atas lapangan.

Pemain seperti Jerome Boateng tak ragu memperagakan permainan keras untuk menghentikan pergerakan penyerang-penyerang Barca, sementara pemain berusia kepala tiga seperti Muller dan Perisic tetap mampu tampil prima dalam laga yang bertempo tinggi ini. Luar Biasa, Bayern!

Bayern Munchen tampil nyaris sempurna di semua lini dalam laga di Da Luz dan sesungguhnya semua pemain Die Roten layak menerima gelar Man of the Match karena yang mereka pertontonkan di laga ini.

Namun karena harus memilih satu pemain, pilihan bisa dijatuhkan kepada Thomas Muller yang tampil inspiratif dengan mencetak dua gol dan satu assist dalam laga ini.

Banyak yang menilai bahwa performa Muller sudah mengalami banyak penurunan musim ini. Namun dalam laga berkelas dinihari ini plus dengan tempo tinggi sepanjang 90 menit, Muller menunjukkan bahwa dirinya belum habis dan mampu tampil memukau dalam laga dengan tekanan tinggi.

Bayern yang langsung tancap gas mengejutkan Barcelona. Lima gol dicetak dalam sekitar setengah jam: dua kali dari Thomas Muller (4′, 31′), Ivan Perisic (21′), dan Serge Gnabry (27′). Sementara balasan Blaugrana tercipta dari gol bunuh diri David Alaba pada menit ketujuh.

Unggul 1-4 ketika turun minum belum membuat Bayern mengendurkan serangan. Hans-Dieter Flick masih konsisten dengan lini pertahanan yang tinggi serta operan cepat pada babak kedua.

Luis Suarez sempat memberikan harapan untuk Barcelona mengejar skor ketika melewati pertahanan Bayern di menit ke-57. Namun, enam menit berselang giliran Joshua Kimmich membuat skor kembali menjauh untuk raksasa Jerman tersebut.

Memasuki 10 menit terakhir pertahanan Barcelona semakin kesulitan membendung serangan Bayern. Di menit 82, Robert Lewandowski ikut mencetak menggetarkan jaring gawang Marc Andre Ter-Stegen ditambah dengan dua gol dari Philippe Coutinho (85′, 89′).

Bayern kini menunggu lawan di semifinal Liga Champions antara Manchester City atau Lyon.

back-to-top