Detail

Keluarkan Izin Liga 1, Berikut Pihak yang Boleh Berada di Dalam Stadion

Monday, 16 August, 2021, 17:54 WIB
Penulis: MCMNEWS.ID

MCMNEWS.ID – Polri memberikan izin berkenaan dengan dijalankannya kompetisi sepakbola Liga 1 pada 27 Agustus 2021 mendatang. Tetapi, dengan memberikan beberapa catatan yang harus dijadikan pedoman oleh panitia penyelenggara kompetisi sepakbola nasional.

“Iya benar. Izin telah dikeluarkan berdasarkan hasil koordinasi dengan berbagai pihak dan tentunya kesepakatan bahwa pertandingan akan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya,” ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Rusdi Hartono, kepada wartawan, Senin (16/8/2021).

Polri menyatakan telah mengeluarkan izin untuk kompetisi Liga 1. Pertandingan bakal digelar tanpa penonton.

“Seluruh pertandingan tanpa penonton ya,” terang Karopenmas Divisi Humas Polri tersebut.

Selanjutnya, Rusdi melanjutkan, pihaknya siap membatasi jumlah pihak yang ada di dalam pertandingan.

Ia menjelaskan, yang ada hanya official, pemain, panitia, pihak keamanan dan media. Jumlahnya lebih kurang 299 orang dari perizinan yang ada.

Ia menjelaskan, yang ada hanya official, pemain, panitia, pihak keamanan dan media. Jumlahnya lebih kurang 299 orang dari perizinan yang ada.

Masih dari keterangannya, sebelum laga, 7 x 24 jam panitia harus melaporkan kepada kepolisian setempat dalam rangka pihak keamanan untuk mempersiapkan segala sesuatunya agar pertandingan dapat berjalan dengan baik.

“Disepakati juga tidak ada nonton bareng. Tidak ada arak-arakan suporter, semua melaksanakan pertandingan dengan memperhatikan protokol kesehatan secara ketat,” jelasnya.

Seperti yang diketahui, sebenarnya Rusdi mengatakan izin yang diteken oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sudah dikeluarkan pada 25 Mei 2021. Namun, kata Rusdi, kala itu kasus COVID-19 sempat meningkat sehingga izin pertandingan Liga 1 ditunda.

“Masalah perizinan untuk Liga 1 dan Liga 2 ini Polri tidak mengeluarkan izin lagi. Karena izin telah dikeluarkan yaitu Surat Izin Keramaian Nomor 1609 tanggal 25 Mei 2021 yang telah ditandatangani langsung oleh Bapak Kapolri. Jadi izin itu telah keluar sejak tanggal 25 Mei, akan tetapi pada saat itu Liga 1 dan Liga 2 tertunda bergulir karena situasi COVID-19 yang meningkat di tanah air,” tuturnya.

Laporan: Irfan Kurniawan