Detail

Sempat Cidera, Jenderal Lapangan Tengah Italia ini Sempat Ragu Tampil Pada Euro 2020

Senin, 21 Juni, 2021, 18:55 WIB
Penulis: MCMNEWS.ID

MCMNEWS.ID – Jenderal Lapangan Tengah PSG (Paris Saint-Germain), Marco Verratti, ternyata sempat ragu bisa tampil dalam Euro 2020 untuk memperkuat Timnas Italia. Karena, dia mengalami cedera lutut dan belum sembuh ketika Euro 2020 dimulai. Dia bahkan harus absen pada dua laga awal Italia di fase grup.

Pemain 28 tahun itu mengalami cedera lutut pada saat bermain bersama PSG pada awal Mei. Pada momen itu, ada begitu banyak keraguan soal peluang Verratti bermain di Euro 2020.

Namun, Pelatih Timnas Italia, Roberto Mancini tetap memasukkan Verratti ke skuad Italia untuk Euro 2020. Mancini bukan tidak tahu kondisi Verratti. Akan tetapi, performa apik pada babak kualifikasi menjadi pertimbangan sang pelatih.

Verratti sendiri sempat ragu bisa sembuh tepat waktu dan membela Italia di Euro 2020. Dia sendiri bahkan sudah terbayang mimpi buruk ketika harus absen membela Italia pada ajang Euro 2016 lalu.

“Saya sangat senang. Itu sulit, karena pada awalnya saya bahkan tidak yakin apakah saya bisa bermain di turnamen ini setelah cedera,” Ujar Verratti di situs resmi UEFA.

“Itu terjadi pada 2016 dan saya khawatir itu akan terjadi lagi,” Sambungnya.

Seperti yang di ketahui, Verratti sudah absen pada dua laga awal Italia di fase grup. Bukan hanya tidak bermain, dia bahkan tidak masuk line-up. Kondisi itu menimbulkan banyak spekulasi. Akan tetapi, Verratti akhirnya sembuh dan bermain penuh ketika Italia menang atas Wales pada laga ketiga.

Laga melawan Wales, pada hari Minggu (20/6/2021) malam WIB, menjadi momen penting bagi Italia, karena Italia sendiri mencatat rekor 10 laga beruntun nirbobol dan selalu menang. Italia pun melaju dengan sempurna di Euro 2020 dan menjadi pemuncak klasemen Grup A.

Sementara, bagi Verratti, ini adalah laga perdananya dan semua berjalan sangat baik. Selain menyumbangkan assist, penampilan gelandang 28 tahun itu juga sangat meyakinkan. Verratti tampil begitu brilian sebagai jenderal lapangan tengah Gli Azzurri, ditambah dalam pertandingan ini ia mengemban tugas menjadi kapten.

Berdasarkan catatan di situs resmi UEFA, Marco Verratti bisa dibilang jadi pemain paling sibuk di kubu Italia, dalam pertandingan kontra Wales itu.

UEFA mencatat, Verratti jadi pemain dengan sentuhan paling banyak sepanjang pertandingan dengan 136 kali, menciptakan 103 operan sukses, mengkreasikan lima umpan kunci, 4 tekel sukses dan tentu saja satu assist yang berujung gol kemenangan Gli Azzurri. Performa yang sangat bagus dari pemain yang baru sembuh dari cedera.

“Saya berterima kasih kepada staf medis dan pelatih yang menunggu saya. Itu adalah hari yang spesial dan saya sangat senang,” Tegas Verratti

Verratti menyadari bahwa tidak ada jaminan bakal langsung jadi pemain inti. Verratti merasa semua pemain yang ada di skuad layak untuk bermain. Semua punya kualitas yang sama.

“Ketika kami mengatakan bahwa tim ini untuk semua orang, kami tidak hanya bicara,” Kata Verratti.

“Ada 26 pemain dan kami semua bangga mewakili negara kami dan siap memberikan yang terbaik. Kami sangat beruntung dan merasa terhormat berada di tim ini, terlepas kami bermain atau tidak,” Tegasnya.

Laporan: Irfan Kurniawan