Detail

Rossi Pensiun, Casey Stoner Bangga Pernah Menjadi Rivalnya

Jumat, 22 Oktober, 2021, 19:36 WIB
Penulis: Irfan

MCMNEWS.ID – Casey Stoner adalah salah satu nama dari sedikit pembalap yang sukses mengalahkan Valentino Rossi dalam perebutan gelar MotoGP. Dengan keputusan pensiunnya The Doctor dari dunia balapan, ia pun turut memberikan penghormatan.

Ya, nama Casey Stoner tentunya selalu ada dalam daftar rival terbesar sepanjang karier Valentino Rossi. Duel antara keduanya tak hanya dijalani di trek, namun juga di luar lintasan, lewat pernyataan kuat yang terkadang pahit.

Valentino Rossi dan Casey Stoner baru-baru ini saling lempar pujian dan mengenang rivalitas mereka di MotoGP pada masa lalu. Menjelang seri kandang terakhir Rossi, yakni Seri Emilia Romagna di Misano pada 22-24 Oktober, Stoner hadir secara virtual dalam jumpa fans dan pers produsen helm Nolan.

Pekan balap kali ini diketahui sebagai balapan terakhir The Doctor di rumah sendiri sebelum pensiun pada akhir musim nanti. Stoner, yang berada di Australia, memberikan tribut untuk Rossi, yang menjadi rival sengitnya di kelas para raja pada 2006-2012 lalu, sebelum ia sendiri pensiun dini dalam usia 27 tahun.

Dikutip dari Corsedimoto pada Kamis (21/10/2021), Stoner mengaku sejatinya ia telah mengamati Rossi sejak masih turun di kelas-kelas junior. Pasalnya, kala itu Rossi sudah meraih begitu banyak gelar dunia, termasuk di kelas tertinggi. Stoner kerap memperhatikan taktiknya di lintasan.

“Saya selalu mengamati apa yang dilakukan Vale, bahkan sejak saya masih turun di GP125. Pasalnya, ia mampu melakukan apa pun yang tak bisa dilakukan rider lain, baik di dalam maupun luar trek. Ia punya hubungan yang sangat baik dengan penggemarnya, hal yang justru tak pernah bikin saya terlalu tertarik,” tutur Stoner.

“Rivalitas kami sangat hebat, meski pada suatu titik ada ketegangan di antara kami. Saya banyak belajar darinya. Vale selalu merupakan pembalap yang sangat baik, begitu pula caranya menggunakan media massa sebagai keuntungannya,” lanjut Stoner, yang merupakan juara dunia MotoGP 2007 dan 2011.

Beberapa jam setelah Stoner menyatakan hal ini, Rossi pun memberikan tanggapan lewat jumpa pers yang ia hadiri di Misano.

Ia tak memungkiri rivalitas mereka sangat pahit, namun merasa bangga karena mereka pernah bertemu di lintasan dan menjalani pertarungan-pertarungan yang sengit dan hebat.

“Saya balapan dengan Casey sepanjang kariernya di MotoGP, karena ia tak terlalu lama balapan. Ia datang pada 2006, dan pensiun pada akhir 2012. Jadi, kami selalu balapan bersama. Memang tak lama, namun ia menunjukkan bahwa ia punya talenta yang menakjubkan dan alami,” tutur Rossi via MotoGP.com.

“Sejak musim pertamanya dengan Honda, ia sudah sangat cepat. Saya senang bisa dapat kesempatan balapan melawannya, karena bagi saya ia merupakan salah satu pembalap yang paling cepat dan liar dalam sejarah MotoGP,” ujar sembilan kali juara dunia ini.

Sebelum pensiun, Rossi punya tiga seri tersisa untuk dijalani musim ini, yakni MotoGP Emilia Romagna akhir pekan ini, kemudian MotoGP Algarve di Portimao, Portugal, pada 5-7 November, begitu pula MotoGP Valencia di Ricardo Tormo, Spanyol, pada 12-14 November.