Detail

Persib Bandung Lebih Diuntungkan Melaju Ke Final Piala Menpora 2021

Senin, 19 April, 2021, 18:58 WIB
Penulis: MCMNEWS.ID

MCMNEWS.ID – Persib Bandung akan menghadapi jadwal leg kedua babak semifinal Piala Menpora 2021. Mereka sudah unggul 2-1 dari PSS Sleman dalam pertemuan pertama lalu, di Stadion Maguwoharjo Sleman, Jumat malam.

Pada pertemuan leg pertama, Persib yang mengandalkan duet Ferdinand Sinaga dan Frets Butuan sebagai ujung tombak serangan, langsung menekan lini pertahanan PSS. Namun, tim asuhan Robert Rene Alberts masih mengalami kesulitan menembus lini pertahanan PSS yang diperkuat Febiano Beltrame dan kawan-kawannya.

Dalam laga ini, Persib tidak diperkuat Wander Luiz. Penyerang asal Brasil itu menjalani skorsing setelah laga sebelumnya mendapat kartu merah.

Sepuluh menit pertama, pertandingan lebih banyak berkutat di lini tengah. Duel antarpemain dari kedua tim terjadi. Ada dua kartu kuning yang dikeluarkan wasit untuk pemain PSS, Saddam Emiruddin Gaffar pada menit ke-4 dan Henhen Herdiana dari Persib pada menit ke-7.

Lalu Pada menit ke-20 PSS lebih dulu mencetak gol lewat sundulan kepala Saddam Gaffar. Gol ini berkat umpan silang dari Samsul Arifin dari sayap kiri. Tiga menit berselang, Persib menciptakan gol balasan lewat sundulan kepala Victor Igbonefo yang memanfaatkan bola tendangan sudut dari Febri Hariyadi.

PSS mendapatkan peluang emas untuk menciptakan gol pada menit ke-28. Namun, bola tendangan Kim Jeffrey Kurniawan masih melenceng.

Memasuki babak kedua, pelatih Persib, Robert Rene Alberts mengubah strategi permainan. Ia menarik Ferdinand Sinaga dan memasukkan Beckham Putra Nugraha.

Persib langsung melancarkan serangannya pada menit awal babak kedua. Farshad Noor mendapatkan kesempatan mencetak gol, tetapi masih gagal menjebol gawang PSS.

Kubu PSS juga nyaris menambah gol melalui Nicolas. Namun, tendangannya masih melebar.

Memasuki lima menit terakhir, PSS tidak mengendurkan serangannya. Mereka berusaha lebih lama menguasai bola di tengah lapangan dengan umpan-umpan pendek.

Persib mencetak gol keduanya pada tambahan waktu melalui Frets Butuan. Gol ini berawal dari serangan balik. Umpan dari Beckham Putra Nugraha yang mengarah ke depan gawang PSS sempat menimbulkan kemelut sebelum Frets menjebol gawang yang dijaga Ega Rizky, sehingga kedudukan berubah menjadi 2-1 untuk keunggulan Persib.

“Saya pikir ini skor yang bagus 2-1,” kata Robert Alberts, pelatih Persib Bandung, seperti dikutip laman Liga Indonesia Baru.

“Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, ini menunjukkan karakter dari tim yang ingin memenangkan pertandingan. Skor 2-1 tidak menunjukkan gaya bermain dari kedua tim yang sebenarnya, karena seperti yang pernah saya katakan ini jauh lebih dini untuk bermain di laga kompetitif.” Tambahnya.

Jadwal Semifinal Leg 2 akan dimainkan di
Stadion Manahan, Solo, pada hari Senin, 19 April 2021. Robert Alberts menegaskan, timnya akan tetap di Yogyakarta dan baru akan berangkat ke Solo pada hari-H pertandingan.

“Kami akan berangkat ke Solo pada hari H. Karena bulan Ramadan tak memungkinkan waktu untuk bolak-balik Yogja-Solo,” Tukas Robert.

Laporan: Irfan Kurniawan