Detail

Penuh Kontroversi, Timnas Spanyol Catatkan Sejarah di Euro 2021

Sabtu, 29 Mei, 2021, 18:42 WIB
Penulis: MCMNEWS.ID

MCMNEWS.ID – Pelatih Timnas Spanyol, Luis Enrique membuat keputusan yang cukup kontroversial pada ajang Euro 2020, dimana tak ada satupun pemain dari Real Madrid yang dimasukan dalam skuad pilihannya.

Keputusan Enrique itu sangat mengejutkan dunia sepak bola. Pasalnya, sepanjang sejarah, timnas Spanyol selalu ada pemain dari Los Blancos. Dan Ini adalah pertama kalinya skuad timnas Spanyol tidak mengikutsertakan pemain Real Madrid pada kompetisi internasional besar.

Dalam pemilihan skuad Spanyol pada Euro 2020 ini, seharusnya Enrique bisa saja memasukan nama-nama seperti Sergio Ramos, Nacho Fernandes, Dani Carvajal hingga Marco Asensio ke dalam skuad. Namun nama-nama itu tak dipilih Enrique.

Dari nama-nama tersebut, Sergio Ramos tentu menjadi sosok yang paling dibicarakan, Sebab ia adalah kapten utama timnas Spanyol sejak 2015.

Tidak hanya itu, Sergio Ramos sampai saat ini juga masih memegang rekor penampilan terbanyak dalam sejarah timnas Spanyol, yakni 180 laga.

Terkait keputusan tidak memanggil Sergio Ramos, Luis Enrique sudah memberi penjelasan.

Luis Enrique mengakui keputusannya kali ini pasti akan menimbulkan kontroversi. Namun, Luis Enrique menilai mencoret Sergio Ramos dari skuad timnas Spanyol adalah keputusan yang tepat.

Sebab, Sergio Ramos tercatat hanya bermain lima kali sejak 14 Januari 2021.

“Segala sesuatu tentang Sergio Ramos pasti menimbulkan kontroversi. Saya berharap itu tidak memengaruhi skuad timnas Spanyol sekarang yang sudah siap berkompetisi,” kata Enrique dikutip dari situs Diario AS.

“Saya ditunjuk timnas Spanyol untuk membuat keputusan, dan saya melakukan itu. Keputusan ini tentu tidak mudah. Namun, saya sudah berbicara dengan Sergio Ramos,” Tambahnya.

“Sergio Ramos sudah tidak bermain atau berlatih dalam beberapa bulan terakhir. Saya pikir ini adalah keputusan terbaik untuk timnas Spanyol,” Ungkap Enrique.

Enrique juga mengatakan, bahwa ia tak pernah menganggap remeh kualitas pemain Real Madrid. Namun, dia menegaskan 24 pemain yang masuk skuad La Furia Roja adalah pemain-pemain terbaik saat ini.

“Tapi saya ingin membawa 24 pemain dan ada tiga atau empat yang bisa masuk daftar dan layak untuk itu,” Terangnya.

“Jika [Dani] Carvajal dan Ramos fit maka mereka akan berangkat. Mereka tidak ikut karena itu,” Ungkap Enrique.

Sedikit kilas balik, sejarah pemain Real Madrid yang selalu mengisi Skuad La Furia Roja, salah satunya yaitu Pada Euro 1988, ada delapan pemain Madrid dalam skuad Timnas Spanyol. Delapan pemain itu yakni Jose Antonio Camacho, Manuel Sanchis, Emilio Butragueno, Rafael Gordilo, Francisco Buyo, Ricardo Gallego, Martin Vazquez dan Michel.

Kemudian, dalam kompetisi Piala Dunia 2010 dan 2018 ada lima pemain Real Madrid. Bahkan, pada Piala Dunia 2010 ada Iker Casillas, Raul Abiol, Xabi Alonso, Sergio Ramos dan Alvaro Arbeloa yang membawa La Furia Roja keluar sebagai juara dunia pada tahun itu.

Bagaimanapun, keputusan Enrique patut dihargai dan ia mengetahui apa yang dibutuhkan timnya.

Berikut daftar lengkap skuad Timnas Spanyol yang di nahkodai Luis Enrique untuk Euro 2020:

Kiper: Unai Simon, David De gea, Ramon Sanchez

Bek: Jose Gaya, Jordi Alba, Pau Torres, Aymeric Laporte, Eric Garcia, Diego Llorente, Cesar Azpilicueta;

Gelandang: Marcos Llorente, Sergio Busquets, Rodri, Pedri, Thiago Alcantara, Koke, Fabian Ruiz, Dani Olmo

Penyerang: Mikel Oyarzabal, Gerard Moreno, Alvaro Morata, Ferran Torres, Adama Traore, Pablo Sarabia

Laporan: Irfan Kurniawan