Detail

Menelan Kekalahan, Pelatih dan Kapten Persija Singgung Kepemimpinan Wasit

Senin, 18 Oktober, 2021, 15:59 WIB
Penulis: Ginan

MCMNEWS.ID – Persija Jakarta menelan kekalahan perdana pada Seri 2 dalam lanjutan BRI Liga 2 2021/2022. Persija Jakarta harus mengakui keunggulan Arema FC 0-1 dalam pertandingan yang digelar di Stadion Manahan Solo, Minggu, (17/10/2021) malam.

Terlepas dari satu gol yang bersarang, Persija Jakarta sejatinya kurang puas dengan kepemimpinan wasit Oki Dwi Putra di laga tersebut.

Sedikitnya terdapat tiga poin yang menjadi protes Persija kepada wasit. Pertama, terjadi pelanggaran keras pada Ilham Rio Fahmi yang dilakukan oleh pemain Arema FC, Muhammad Rafli, pada babak 1 di dalam kotak penalti. Di momen itu wasit tidak memberikan sikap tegas terhadap pelanggaran tersebut.

Kedua, wasit Oki Dwi Putra menganulir gol Marko Simic pada babak kedua. Menurut pengamatan tim pelatih dan pemain, seharusnya gol tersebut tidak dianulir karena Simic terlebih dahulu menyentuh bola sebelum melakukan kontak badan dengan penjaga gawang lawan.

Ketiga, dengan banyaknya momen yang menghentikan pertandingan, seperti pelanggaran, wasit hanya memberikan tambahan waktu selama tiga menit saja.

“Kami tidak perlu bantuan dari wasit untuk menang. Kami hanya perlu memimpin secara fair. Saya bukan tipe pelatih yang suka menangis. Tapi hari ini menurut saya Persija tak layak kalah,” kata pelatih Persija, Angelo Alessio.

Hal senada disampaikan oleh Andritany selaku kapten tim sekaligus penjaga gawang Persija. Andritany pun menyinggung soal kinerja Wasit Oki dalam laga tersebut.

“Secara hasil ini tidak bagus karena semestinya kami bisa dapatkan tiga poin. Kami bermain lebih baik dari pada mereka. Bila bicara dengan wasit kami sebenarnya tak ingin bicara tentang wasit. Tapi teman-teman bisa menilai apakah wasit ini layak atau tidak di Liga 1,” ungkap Andritany.

Angelo Alessio Percaya Kepada Marko Simic

Pelatih Kepala Persija Jakarta, Angelo Alessio, mengakui bahwa dirinya masih berharap lebih kepada Simic. Dirinya pun meyakin bahwa anak didiknya itu akan menunjukkan performa terbaiknya.

“Dia selalu mencoba membuat gol di setiap pertandingan. Tapi momen ini (vs Arema) memang sulit untuk dia karena dia sendiri di depan. Mungkin setelah Taufik (Hidayat) ada itu akan meningkatkan serangan kami,” kata Angelo.

“Simic adalah striker asing dan itu normal jika dia mendapatkan tekanan lebih. Banyak orang yang berharap lebih kepadanya, termasuk saya. Dia pemain asing dan pernah jadi top skor tapi dalam kondisi saat ini emang tak mudah . Saat Rohit sudah hadir mungkin akan mempermudah kinerja Simic,” lanjutnya.

Marko Simic sendiri saat ini sedang mendapatkan sorotan lantaran performanya di tujuh laga BRI Liga 1 2021/2022 dinilai kurang maksimal. Pasalnya, tiga gol yang ia cetak dua di antaranya berasal dari penalti.

Satu golnya yang bukan dari titik putih tercipta ke gawang PSIS pada menit ke-49. Sepakan keras kaki kirinya meluncur deras ke gawang Jandia Eka Putra.

Gol kedua ia cetak ke gawang Persela lewat tendangan penalti pada menit ke-21. Gol ketiga sekaligus ke-50-nya di Liga 1 ia ciptakan ke gawang Persiraja. Sama seperti ke gawang Persela, Simic sukses menjadi algojo penalti.