Detail

Lini Pertahanan Kokoh, Macan Kemayoran Juara Piala Menpora 2021

Monday, 26 April, 2021, 17:24 WIB
Penulis: Andre Pradana

MCMNEWS.ID – Persija Jakarta berhasil keluar sebagai juara Piala Menpora. Tim Macan Kemayoran memastikan kemenangan setelah mengalahkan Maung Bandung di leg kedua babak final dengan skor 2-1 di Stadion Manahan, Solo, Minggu, 25 April 2021.

Sebelumnya, dalam pertandingan leg pertama yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis lalu, Persija menang 2-0 atas Persib. Dua gol di laga itu dicetak oleh Braif Fatari dan Taufik.

Persija bermain ngotot sejak menit awal meski sudah unggul agregat 2-0 pada leg pertama. Pada menit ke-4 Persija memberikan ancaman ke sektor pertahanan Persib. Riko bekerja sama dengan Marco Motta berhasil masuk ke kotak penalti dan mengirimkan umpan silang. Namun, Taufik Hidayat gagal menyelesaikan umpan dengan baik.

Selang empat menit kemudian, Persija kembali memberikan tekanan ke pertahanan Persib. Kali ini, Taufik mendapatkan bola dari umpan jauh. Tetapi, pergerakannya dapat diantisipasi kiper I Made Wirawan.

Persija yang lebih mendominasi permainan kembali mendapatkan peluang menciptakan gol pada menit ke-20 melalui Riko Simanjuntak yang mendapatkan umpan dari Osvaldo. Namun, eksekusinya masih belum tepat sasaran.

Celaka bagi Persib karena harus bermain dengan sepuluh pemain setelah Bayu Mohamad Fiqri mendapatkan kartu kuning kedua setelah melakukan pelanggaran terhadap Marco Motta pada menit ke-22.

Untuk menambah kekuatan di lini pertahanan setelah Bayu dikeluarkan, Robert memasukkan Ardi Idrus. Dia masuk menggantikan Esteban Vizcarra pada menit ke-25.

Kalah jumlah pemain, Persib berusaha menciptakan peluang gol melalui serangan baik dan juga memanfaatkan set piece. Namun, mereka masih kesulitan untuk membuat ancaman ke gawang Andritany Ardhiyasa. Hingga babak pertama berakhir, Maung Bandung tidak mampu menciptakan gol balasan.

Memasuki babak kedua, Persib memasukkan Ferdinand Sinaga untuk menambah daya gedor. Ferdinand masuk untuk menggantikan Wander Luiz yang mengalami “stag” pada paruh pertama.

Persib masih berusaha mencari celah pertahanan Persija. Di sisi lain, Persija memilih bermain menunggu dengan serangan balik. Marc Klok yang biasanya bermain sebagai gelandang tengah kini berada lebih ke belakang.

Persija justru mampu mencetak gol dulu di pertandingan ini memasuki menit ke-51. Riko Simanjuntak mengirim umpan akrobatik ke arah Osvaldo Haay yang berada di sisi kiri serangan. Osvaldo pun menyelesaikannya dengan tembakan yang gagal dibendung oleh I Made Wirawan.

Victor Igbonefo dkk. masih kesulitan menembus pertahanan Persija di waktu yang tersisa. Rapatnya barisan pertahanan lawan tidak mampu mereka lewati. Apalagi, mereka hanya bermain dengan 10 personel saja.

Maung Bandung mendapatkan peluang mencetak gol lewat situasi bola mati di depan kotak penalti Persija pada menit ke-68.

Namun, eksekusi yang dilakukan Ferdinand Sinaga masih melambung tipis di atas gawang Persija kawalan Andritany Ardhiyasa.

Panceklik pun tepatahkan, Persib akhirnya berhasil membalas gol lewat tendangan bebas yang dieksekusi oleh Ferdinand Sinaga pada menit ke-84. Tembakannya mulus masuk ke gawang Persija dan gagal diamankan oleh Andritany Ardhiyasa.

Situasi ini membuat Persib lebih percaya diri untuk melakukan serangan. Pada menit ke-88, giliran Dedi Kusnandar yang melakukan sepakan bebas. Namun, bola melambung tipis di atas mistar gawang Persija.

Keasyikan menyerang, Persib justru harus kembali kebobolan pada masa injury time,
lewat serangan balik cepat.

Osvaldo Haay yang membawa bola mengirim umpan tarik yang mampu diselesaikan menjadi gol oleh Riko Simanjuntak.

Skor 2-1 untuk keunggulan Persija bertahan hingga akhir laga. Tim arahan Coach Sudirman itu pun dipastikan menjadi juara Piala Menpora 2021 dan berhak mengangkat Trofi. Mereka unggul 4-1 secara agregat atas Persib di partai final.