Detail

Drama Adu Penalti Terjadi, Macan Kemayoran Melaju Ke Final Piala Menpora 2021

Senin, 19 April, 2021, 1:43 WIB
Penulis: MCMNEWS.ID

MCMNEWS.ID – Pertandingan leg kedua semifinal Piala Menpora 2021 Persija Jakarta vs PSM Makassar yang berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Minggu, 18 April 2021, berlangsung dengan tempo lambat di menit-menit awal.

Gelandang Persija Riko Simanjuntak yang biasanya turun sebagai pemain pengganti, kali ini dimainkan sejak menit awal. Di lini belakang, Tony Sucipto dimainkan sebagai starter menggantikan posisi Marco Motta yang tidak bisa main karena laga sebelumnya mendapatkan kartu merah.

Di kubu PSM, Patrich Wanggai yang laga sebelumnya dimainkan dari bangku cadangan setelah pulih dari cedera, juga dimainkan dari menit awal. Dia berduet dengan Yakob Sayuri di lini depan.

Permainan leg kedua Persija kontrak PSM di semifinal berlangsung lebih pelan dibandingkan dengan leg pertama. Di leg pertama, kedua tim bermain dengan tensi tinggi sehingga wasit harus mengeluarkan lima kartu kuning dalam sepuluh menit pertama.

Lanjut pada pertandingan, PSM melalui Yakob Sayuri mencoba melancarkan tendangan jarak jauh, tetapi tendangannya masih melenceng pada menit ke-20. Tidak banyak peluang mencetak gol yang terjadi, baik dari kubu PSM maupun Persija. Pertahanan kedua tim juga solid.

Memasuki 15 menit terakhir, kedua tim saling meningkatkan serangannya tetapi masih kesulitan menembus lini pertahanan lawan. Mereka juga mengandalkan set piece, namun belum bisa menciptakan gol hingga pertandingan babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua, Persija masih mengambil inisiatif serangan. Bahkan, Andritany dan kawan-kawan yang menguasai permainan pada babak kedua belum mampu menembus pertahanan PSM yang disiplin menjaga wilayahnya.

PSM mendapat satu-satunya peluang di babak kedua pada menit 88 melalui tendangan keras kaki Yakob Sayuri, tetapi mampu ditepis kiper Andritany, sehingga hanya menghasilkan tendangan penjuru untuk PSM.

Kedudukan imbang 0-0 bertahan hingga wasit yang memimpin pertandingan meniup peluit panjang tanda babak kedua berakhir dengan dilanjutkan adu tendangan penalti.

Laga semifinal Piala Menpora 2021 antara Persija Jakarta vs PSM Makassar harus berlanjut ke babak adu penalti di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Minggu (18/4/2021).

Persija Jakarta mendapatkan kesempatan pertama untuk melakukan tendangan penalti.

Marko Simic menjadi eksekutor penalti dari Persija Jakarta. Tendangan penalti Marko Simic berhasil dibaca Hilmansyah, skor 0-0.

Hasim Kipuw yang menjadi penendang pertama PSM Makassar sukses mengesekusi penalti, skor 1-0.

Rohit Chand yang menjadi penendang kedua sukses membobol gawang PSM Makassar, skor 1-1.

Penendang selanjutnya dari PSM Makassar diambil oleh Rasyid Bakrie, dia pun berhasil mengarahkan bola ke dalam gawang Persija, skor 2-1.

Yan Motta menjadi penendang berikut Persija Jakarta, dengan keras tendangan penalti dia berhasil membobol gawang PSM Makassar, skor 2-2.

Tendangan penalti yang dieksekusi Abdul Rachman berhasil ditepis Andritany Ardhiyasa, skor 2-2.

Novri Setiawan yang menjadi eksekutor penalti berikutnya Persija Jakarta tidak mampu merobek gawang Hilmansyah, skor 2-2.

Sutanto Tan yang menendang tendangan penalti PSM Makassar sukses mengecoh Andritany Ardhiyasa, skor 3-2.

Marc Klok sukses mengesekusi tendangan penalti dari Persija Jakarta, skor 3-3.

Yakob Sayuri gagal menendang penalti, tendangan penalti dia masih berada di atas mistar gawang Persija Jakarta, skor 3-3.

Tendangan penalti Sandi Sute masih bisa dibaca Hilmansyah, skor 3-3.

Zulham Zamrun juga gagal mengeksekusi tendangan penalti PSM Makassar, skor masih 3-3.

Riko Simanjuntak yang penendang berikutnya Persija Jakarta tidak mampu merobek gawang PSM Makassar, Hilmansyah mampu membaca tendangan itu, skor 3-3

Andritany Ardhiyasa berhasil membaca tendangan penalti dari Saldy, skor masih 3-3.

Tony Sucipto sukses merobek gawang Hilmansyah, skor 4-3 untuk Persija Jakarta.

Zulkifli Syukur gagal mengeksekusi penalti, Andritany Ardhiyasa berhasil membaca bola tersebut.

Persija Jakarta sukses memenangkan drama adu penalti dengan skor 4-3.

Dengan hasil tersebut, Persija Jakarta berhak melaju ke final Piala Menpora 2021.

Laporan: Irfan Kurniawan