Detail

Demi Prestasi Timnas Indonesia, Coach RD Desak Liga 1 Segera Bergulir

Rabu, 28 Juli, 2021, 19:42 WIB
Penulis: MCMNEWS.ID

MCMNEWS.ID – Pelatih klub Madura United, Rahmad Darmawan atau yang akrab disapa Coach RD, mengingatkan pentingnya kompetisi Liga 1 harus segera berjalan demi prestasi Timnas Indonesia.

Karena, ASEAN Football Federation (AFF) telah memastikan tiada perubahan jadwal dalam perhelatan Piala AFF 2020 yang akan digelar pada Desember 2021 hingga Januari 2022.

“Muara kompetisi adalah timnas. Kalau kita mau menyiapkan timnas, mutlak saratnya adalah memberi kesempatan untuk pemain bermain di dalam kompetisi yang kompetitif,” kata Coach RD, dikutip dari laman resmi klub, ditulis Rabu, (28/7/2021).

Coach RD pun menyadari situasi sekarang ini yang tengah menghadapi pandemi Covid-19, tetapi kompetisi, dalam hal ini Liga 1 dan juga Liga 2 juga penting segera dimulai.

Ditambah lagi, katanya, tiada yang bisa memastikan jangka waktu wabah akan berakhir. Oleh karena itu, Coach RD menegaskan pentingnya Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dan PT. Liga Indonesia Baru (PT. LIB) segera memutar kompetisi demi prestasi Timnas Indonesia.

“Saya yakin kompetisi bisa tetap berjalan dengan lancar di tengah pandemi. Di internasional bisa, negara-negara tetangga kita juga bisa. Walaupun tak ada penonton tak apa-apa, yang penting liga ataupun kompetisi berjalan,” ujarnya.

Agar Timnas Indonesia itu bisa berbicara banyak di Piala AFF, Coach RD meminta federasi sepak bola Indonesia segera menghelat Liga 1.

Ia menilai, pemain bisa lebih matang dan siap menatap turnamen akbar itu. Karena, mereka melalui Liga 1 2021-2022 yang kompetitif.

Di sisi lain, kata Coach RD, dengan diputarnya Liga 1 bisa menjadi percontohan kepada cabang olahraga atau sektor lain dalam menghelat acara di tengah wabah COVID-19.

Seperti diketahui, Liga 1 sudah terhenti sejak Maret 2020 lalu, kemudian PSSI bersama PT Liga Indonesia Baru (LIB) bersepakat untuk kembali menggelar kompetisi pada Juli ini.

Namun, seiring kebijakan PPKM, kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Indonesia itu diundur hingga pertengahan Agustus 2021.

Laporan: Irfan Kurniawan