Detail

Buat Heboh Dunia Sepakbola, Berikut Pemain Yang Kembali Merumput Dari Masa Pensiunnya

Rabu, 16 Juni, 2021, 19:08 WIB
Penulis: MCMNEWS.ID

MCMNEWS.ID – Setelah dirasa cukup dalam menjalankan karirnya, para pesepak bola biasanya memutuskan pensiun dan kembali ke rutinitas sehari-hari seperti orang biasa. Seperti manusia pada umumnya, deretan pesepak bola top Eropa juga harus tetap bekerja demi meraup penghasilan.

Ada pemain yang tetap berkecimpung di dunia sepak bola meskipun bukan lagi sebagai pemain. Mereka biasanya beralih profesi menjadi pelatih ataupun masuk jajaran direksi klub.

Kemudian, ada juga pemain yang memilih pekerjaan lain yang berbanding terbalik dengan dunia sepak bola. 

Namun, beberapa pemain lainnya sempat membuat heboh jagat dunia sepakbola, dikarenakan kembali bermain dan berkarir dalam dunia yang sudah ditinggalkannya tersebut.

Inilah nama-nama pemain yang sempat kembali dari masa pensiunnya dan kembali bermain sepakbola:

1.Jens Lehmann
Setelah enam musim memperkuat Arsenal, Jens Lehmann akhirnya pindah ke Stuttgart pada 2008 dan memtusukan pensiun pada akhir musim 2009/10.

Namun panggilan The Gunners yang membutuhkan tenaganya karena badai cedera membuat Lehmann memutuskan untuk kembali mengenakan sarung tangannya pada Maret 2011.

Dia menggantikan Almunia yang mengalami cedera saat melakukan pemanasan dalam sebuah laga Liga Inggris kontra Blackpool yang dimenangi The Gunners 3-1. Lehmann akhir memutuskan untuk pensiun seterusnya pada akhir musim tersebut.

2.Roger Milla
Tak banyak yang tahu bahwa bintang Kamerun Roger Milla yang bersinar pada Piala Dunia 1990 dan 1994 sebenarnya sudah memilih pensiun pada 1989.

Namun atas permintaan presiden Kamerun Paul Biya Milla bersedia mengoreksi keputusannya untuk pensiun dan bermain untuk negaranya pada Piala Dunia 1990.

Ia kembali bermain di turnamen yang sama empat tahun berselang, dalam usia 42 tahun,yang menjadikannya pemain tertua yang pernah tampil di Piala Dunia sebelum dipatahkan oleh Frayd Mondragon pada 2014.

3.Paul Scholes
Manchester United dan para pendukungnya tentu merasa kehilangan sosok Paul Scholes saat pria Inggris itu memutuskan pensiun pada akhir musim 2010/11. Permainan elegannya di lini tengah United menjadi senjata utama tim besutan Sir Alex Ferguson meraih kesuksesan selama dua dekade.

Pada Januari 2012, Scholes membuat penikmat sepak bola bola terkejut dengan keputusannya bermain lagi untuk Manchester United, dan bahkan membantu tim yang bermarkas di Old Trafford itu mengangkat trofi Liga Inggris semusim berselang sebelum benar-benar pensiun selamanya.

4.Landon Donovan
Legenda sepak bola Amerika Serikat, Landon Donovan memilih untuk pensiun dari lapangan hijau pada 2014 setelah memperkuat La Galaxy sejak 2005 (dengan tiga musim peminjaman di Bayern Munchen dan Everton) dan berstatus sebagai top skorer MLS sepanjang masa.

LA Galaxy memintanya untuk ‘turun gunung’ pada 2016, dengan dirinya bermain sebanyak enam kali, namun gagal membawa timnya meraih titel liga.

5.Arjen Robben
Winger asal Belanda ini pensiun dari bermain sepak bola pada Juli 2019 setelah kariernya yang gemilang bersama Chelsea, Real Madrid, dan Bayern Munchen, dengan torehan lebih dari 20 gelar utama.

Namun keputusan itu diralatnya pada musim panas 2020 ini setelah Groningen, klub masa kecilnya, mengalami masalah finansial akibat wabah virus korona. Usia Robben kini sudah mencapai 36 tahun.

6.Johan Cruyff
Setelah pensiun awal pada 1978, Johan Cruyff mengungkapkan alasannya kembali bermain sepak bola dengan Los Angeles Aztecs tak lama berselang, setelah menjadi korban penipuan di investasi palsu Spanyol.

Cruyff kemudian terus aktif sebagai pemain selama enam tahun, sempat kembali ke mantan klubnya, Ajax Amsterdam, pada 1981 hingga 1983 sebelum pensiun bersama Feyenoord pada 1984.

7.Marc Overmars
Empat tahun setelah pensiun karena cedera lutut yang berkepanjangan bersama Barcelona, Marc Overmars tampil dalam pertandingan perpisahan Jaap Stam pada 2008 dan menampilkan performa apik yang membuat sejumlah klub menawarkan kontrak untuk merekrutnya.

Setelah awalnya menolak, penyerang lincah asal Belanda itu menandatangani kontrak bersama klub pertama dalam kariernya, Go Ahead Eagles, selama setahun sebelum memutuskan pensiun selamanya.

Laporan: Irfan Kurniawan