Detail

Babak 16 Euro 2020: Menangisnya Pemain Portugal, Hingga Runtuhnya Kesempurnaan Belanda

Monday, 28 June, 2021, 16:23 WIB
Penulis: MCMNEWS.ID

MCMNEWS.ID – Portugal dan Belanda harus mengakhiri perjuangannya di Euro 2020, usai tersingkir dari babak 16 besar. Portugal harus mengakui keganasan Belgia, sedangkan Belanda dilibas oleh Republik Ceko.

Dalam pertandingan di babak 16 besar, Portugal harus mengakui keunggulan Belgia saat bertarung di Estadio La Cartuja, Sevilla, Spanyol, Senin (28/6/2021) dini hari WIB, pada babak 16 besar Euro 2020. Portugal kalah 0-1.

Gol tunggal dari Thorgan Hazard di babak pertama menghancurkan harapan Portugal untuk mempertahankan gelar juara Piala Eropa. Padahal, Portugal sebenarnya tampil mendominasi pada pertandingan tersebut.

Lalu usai pertandingan, Fernando Santos membongkar situasi ruang ganti timnya setelah kekalahan menyakitkan dari Belgia. Beberapa pemain sampai menangis.

“Kami kecewa dan sedih. Saya melihat beberapa pemain yang menangis. Mereka memberikan segalanya. Belgia memiliki enam tembakan dan mencetak gol. Kami memiliki 29 dan membentur tiang dua kali,” Ungkap Fernando Santos.

“Kekalahan adalah kekalahan. Sejujurnya saya tidak punya banyak kata untuk diucapkan saat ini,” Lanjutnya.

Fernando Santos menyebut anak asuhnya layak kecewa karena sebelumnya menyimpan kepercayaan bisa tembus ke final Euro 2020.

“Kami semua menginginkannya (final Euro 2020). Kami memiliki kepercayaan diri dan kami yakin bahwa kami bisa mencapai final dan juara,” Ujarnya.

“Ini bukan soal tidak ada keadilan. Kami hanya kebobolan gol dan kami tidak bisa mencetak gol,” Jelasnya.

Tercatat Timnas Portugal membuat total 23 tembakan ke gawang Belgia pada pertandingan 16 besar Euro 2020 ini. Mereka lebih dominan dengan 57 persen penguasaan bola. Sayangnya, tidak ada gol tercipta untuk Portugal.

5 tembakan berhasil di blok, 14 tembakan melenceng, dan hanya 4 tembakan tepat sasaran. Belgia masih punya Thibaut Courtois yang membuat sejumlah penyelamatan gemilang.

Sebaliknya Belgia hanya membuat total 6 tembakan, 1 tepat sasaran, tapi sudah cukup untuk unggul 1-0.

Usai menyingkirkan Portugal, Belgia sendiri bisa maju ke babak perempatfinal Euro 2020. Selanjutnya, Eden Hazard dkk akan menantang Italia di Allianz Arena, Munich, Jerman, Sabtu (3/7/2021) dini hari WIB.

Kemudian untuk Belanda, perjuangannya berakhir setelah takluk 0-2 dari Republik Ceko di Stadion Puskas Arena, Budapest, pada Minggu (27/6/2021) malam WIB.

Sepasang gol yang membenamkan Belanda dicetak oleh Tomas Holes (68′) dan Patrik Schick (80′).

Hasil ini terbilang sangat mengejutkan, karena Belanda sudah pasti lebih diunggulkan saat berhadapan dengan Republik Ceko.

Sebelumnya, Belanda lolos ke 16 besar Euro 2020 setelah menjadi penguasa Grup C. Mereka tampil sempurna dengan koleksi sembilan poin dari tiga laga.

Namun, kesempurnaan Belanda selama di fase grup runtuh ketika berjumpa Republik Ceko yang notabene lolos ke babak 16 besar lewat jalur peringkat ketiga terbaik.

Bahkan, Belanda justru tampil di bawah performa. Mereka tak mampu melancarkan satu pun shot on target ke arah gawang Republik Ceko.

Ini adalah kali pertama Belanda gagal melancarkan shot on target dalam satu pertandingan kompetitif sejak Piala Eropa dan Piala Dunia mulai dianalisis (1980), dikutip dari Opta Johan.

Berbanding terbalik pada saat belanda berada di fase grup. Selain meraih hasil sempurna, Belanda juga menjadi tim tersebut di fase grup dengan koleksi delapan gol.

Laporan: Irfan Kurniawan