Sabtu, 31 Okt 2020 | WIB

Viral Foto Deretan Bekas Mobil Internet Keliling Era SBY, Kini Tak Terawat

Bang Noy
Penulis: Bang Noy
Diterbitkan: 12 Agustus 2020, 11:52 WIB
MCMNEWS.ID | Mobil internet (Dok: Akun FB Wahyu Sutono)

MCMNEWS.ID  –  Viral sebuah unggahan yang memperlihatkan sebuah invenstaris Kominfo yakni mobil internet keliling yang tidak terawat. Hal tersebut pun menjadi banyak perbincangan warganet di luaran sana.

Tentu saja ini jadi kabar buruk di tengah pembelajaran jarak jauh yang masih dilakukan sebagian anak sekolah tanpa terkecuali, baik dia kaya atau miskin.

Berawal dari sebuah unggahan di facebook milih pria bernama Wahyu Sutono, pada Minggu (9/8/2020). Foto yang diunggah tersebut merupakan mobil internet keliling yang dulunya kerap digunakan sebagai sarana belajar anak-anak di beberapa daerah di tanah air.

“Sejatinya Indonesia sudah merintis pengadaan Mobil Pusat layanan Internet Kecamatan (MPLIK) yang diluncurkan pada tahun 2010 dan mulai beroperasi pada tahun 2011. Sayang proyek di era Menkominfo Tifatul Sembiring ini mangkrak dan akhirnya jadi mubadzir,” tulis Wahyu di akun facebooknya yang Mcmnews.id kutip pada Rabu (12/8/2020).

Ramainya isu sekolah online yang sulit dijamah masyarakat kelas menengah kebawah membuat kemubaziran mobil ini makin kental.

Program yang diharapkan mampu menyediakan akses internet di daerah terpencil itu, ternyata tak berjalan seperti yang diharapkan. Anggaran untuk proyek itu saja terbilang fantastis, yakni Rp1,4 triliun. Dari anggaran itu, ujungnya, ya terhenti begitu saja pada 31 Desember 2014, setelah dilakukan evaluasi bersama dengan Komisi I DPR RI.

Terhentinya program mobil internet itu malah bikin masalah, seperti utang-piutang. Sebuah unggahan pengguna akun Facebook yang bernama Wahyu Sutono (9/8/2020), memperlihatkan deretan mobil internet itu jadi rongsokan hingga berkarat.

Pengungkapan lewat caption unggahannya tersebut memiliki banyak harapan dari Wahyu. Ia berharap bahwa kebijakan sekolah online ini akan segera usai, begitu juga dengan pandemi virus corona agar pelajar bisa kembali bersekolah.

Harapan rakyat, semoga hal ini bisa jadi pelajaran yang sangat berharga agar tidak terulang kembali, serta pandemi Covid-19 segera berlalu, dan anak-anak sekolah bisa kembali belajar tatap muka seperti sedia kala,” pungkasnya.

Namun hingga saat ini foto tersebut viral, belum diketahui kapan dan dimna lokasi tempat mobil-mobil tersebut terbengkalai. Hanya saja hal tersebut masih terus jadi perbincangan warganet karena dianggap menjadi bukti kelalaian dari kinerja pemerintahan.

back-to-top