Detail

Tinjau Produksi di PT. Samator Gas Industri, DPR dan Pemerintah Upayakan Produksi Oksigen Dialihkan Untuk Kebutuhan Medis

Jumat, 6 Agustus, 2021, 21:43 WIB
Penulis: Bang Noy

MCMNEWS.ID   –   Satgas Lawan Covid-19 DPR RI yang dipimpin Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad bersama Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin meninjau produksi gas oksigen di PT Samator Gas Industri, kawasan Industri Pulo Gadung, Jakarta Timur, Jumat (6/8/2021).

Menurut Dasco, tinjauan dilakukan ke produsen utama oksigen untuk memastikan produksi oksigen untuk kebutuhan pasien Covid-19 dapat terpenuhi.

Dasco yang juga menjadi Ketua Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 DPR RI itu mengatakan, peninjauan ini juga dilakukan karena banyak perusahaan swasta yang memasok gas oksigen untuk penanganan Covid-19, namun di lapangan masih kekurangan.

Usai kunjungan ke Bea dan Cukai, Dasco mengungkapkan bahwa kebutuhan oksigen untuk rumah sakit atau pasien Covid-19 di Jakarta dan beberapa daerah dinilai masih kekurangan.

Wakil Ketua DPR itu bersama Menkes Budi juga sepakat bahwa edukasi protokol kesehatan kepada masyarakat harus terus digencarkan demi menekan laju kasus Covid-19.

Sementara itu, Menkes Budi mengatakan kebutuhan oksigen beberapa waktu terakhir mengalami lonjakan signifikan dibandingkan sebelum lebaran.

“Sebelum lebaran kebutuhannya 400 ton per hari, sekarang naik jadi 2.200 ton per hari. Jadi, gap-nya tinggi sekali,” ucapnya.

Masalahnya, kata mantan wakil menteri BUMN itu, oksigen diproduksi tidak hanya untuk kebutuhan medis, tetapi sebagian besarnya justru diperuntukkan bagi industri.

Oleh karena itu, pemerintah dan DPR mengimbau agar produksi oksigen untuk industri dikurangi dan dialihkan ke rumah sakit untuk kebutuhan pasien Covid-19.

“Samator adalah produsen terbesar untuk di rumah sakit, tapi buat industri lainnya itu yang kami minta bantuan sama Pak Menteri Perindustrian untuk dibantu agar digeser ke rumah sakit,” pungkas Menkes Budi Gunadi Sadikin.