Kamis, 29 Okt 2020 | WIB

Tidak Sepakat Pembatalan Pilkada, Wakil Ketua DPR RI Sarankan KPU Sempurnakan Aturan dan Pengawasan Ketat

Avatar
Penulis: Andre Pradana
Diterbitkan: 19 September 2020, 14:21 WIB
MCMNEWS.ID | (Dok: Instagram @sufmi_dasco)

MCMNEWS.ID – Pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) akan segera dilakukan pada tanggal 9 Desember mendatang. Namun berbeda dari sebelumnya, Pilkada serentak 2020 akan diselenggarakan di tengah pandemi virus corona yang masih berlangsung.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, membatalkan pelaksanaan Pilkada bukanlah keputusan yang tepat.

“Saya pikir bahwa apa yang terjadi pada saat tahapan-tahapan Pilkada itu memang euforia-euforia dari masyarakat yang memang agak susah dikendalikan ketika pendaftaran, sehingga menimbulkan polemik ada yang mengatakan bahwa akan timbul cluster baru ketika kegiatan Pilkada tidak bisa dikendalikan massanya,” kata Dasco, seperti dikutip Mcmnews.id dalam video diakun Instagramnya, Sabtu, (19/9/2020).

Menurutnya, tahapan pelaksanaan Pilkada masing sangat panjang. Dikatakan Dasco, dengan waktu yang dimiliki cukup lama, lebih baik KPU melakukan penyempurnaan aturan.

“Namun menurut saya tahapan Pilkada masing panjang, jadi jalan keluarnya menurut saya bukan pembatalan Pilkada, tetapi kemudian penyempurnaan-penyempurnaan aturan dan kemudian pengawasan yang ketat implementasi dilapangan,” jelasnya.

“Sehingga Insyaallah Pilkada dapat diadakan dengan lancar, dan kami minta pihak penyelenggara untuk kemudian memikirkan ansitipasi-antisipaai mengeluarkan PKPU yang produktif, justru untuk kelancaran Pilkada,” lanjutnya.

Politisi Partai Gerindra itupun menjelaskan, dirinya pun tidak sepakat terkait aturan yang memperbolehkan konser musik dalam tahapan kampanye Pilkada.

“Ya kalau menurut saya pada hematnya, harusnya untuk konser atau apapun yang mengumpulkan masa banyak sebaiknya tidak diadakan,” jelasnya.

“Saya pikir bagaimana caranya kemudian calon (kepala daerah) justru memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang visi misi, tentunya juga bagaimana calon mengajak masyarakat (untuk) menguatkan menjalankan protokol Covid-19,” tandasnya.

back-to-top