Detail

Indonesia Terima 998.400 Vaksin AstraZeneca Hibah Pemerintah Jepang

Sabtu, 3 Juli, 2021, 20:22 WIB
Penulis: Bang Noy

MCMNEWS.ID   –   Pemerintah Indonesia menerima pasokan vaksin jadi AstraZeneca yang merupakan hasil kerja sama bilateral antara Indonesia dan Jepang.

Sebanyak 998.400 vaksin yang diproduksi oleh Daichi Sankyo Biotech Coorporation tersebut tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. pada Kamis, 1 Juli 2021.

“Saya di sini hanya mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada Bapak Duta Besar, pemerintah, dan seluruh rakyat Jepang atas perhatian dan bantuannya untuk membantu pengiriman vaksin AstraZeneca ke Indonesia,” ujar Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam keterangannya secara virtual.

Senada dengan Menteri Kesehatan, Wakil Menteri Luar Negeri, Mahendra Siregar, juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dan masyarakat Jepang yang mendukung upaya penanganan pandemi di Indonesia. Ini merupakan hasil nyata dari kerja sama vaksin antara pemerintah Indonesia dan Jepang.

Di tengah pandemi Covid-19 saat ini, ketersediaan vaksin merupakan hal yang penting. Hal itu untuk mempercepat vaksinasi dan mencapai target ketahanan komunal atau herd immunity.

Kondisi tersebut juga diperparah dengan melonjaknya kasus positif Covid-19 di Indonesia. Berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19, saat ini terdapat 253.826 kasus aktif di Indonesia.

“Pemerintah terus bekerja keras dan melakukan diplomasi agresif untuk mengamankan pasokan vaksin bagi kebutuhan rakyat Indonesia,” terang Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar dalam konferensi pers tersebut.

Upaya mengamankan ketersediaan vaksin disebut Mahendra bukan lah hal yang mudah. Mengingat saat ini produksi vaksin masih terbatas dan seluruh negara di dunia membutuhkan vaksin tersebut.

Indonesia telah melakukan vaksinasi dosis pertama kepada 30,18 juta orang. Sementara itu target vaksinasi Indonesia dilakukan kepada 181,5 juta orang.

Sementara itu, Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Penny Lukito, memastikan bahwa BPOM siap menjamin kualitas vaksin AstraZeneca dari pemerintah Jepang sebelum dapat digunakan oleh masyarakat.

“Tentunya, BPOM ikut bersyukur dan menyampaikan terima kasih serta selamat tentunya atas kedatangan tahap pertama dari vaksin AstraZeneca hibah pemerintah Jepang. Kami selalu siap untuk mendampingi aspek kualitas vaksin yang tentunya adalah jaminan dan siap untuk mengawal sampai dapat digunakan masyarakat Indonesia,” tandas Kepala BPOM.

Pemerintah Jepang melalui Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Kenji Kanasugi, menyatakan bahwa pemberian vaksin AstraZeneca merupakan bukti persahabatan kedua negara. Kenji berharap pemberian vaksin ini dapat bermanfaat dalam mendukung upaya pemerintah Indonesia menangani pandemi Covid-19.

“Kami ingin terus bergandengan tangan dengan Indonesia yang merupakan mitra strategis Jepang untuk mengatasi pandemi Covid-19. Kami berharap vaksin yang diberikan dapat mendukung upaya pemerintah dan tenaga kesehatan,” ucap Kenji Kanasugi.