Detail

Tanggapi Rencana Anggaran Laptop Rp10 Juta, Fadli Zon: Kemahalan, Jangan Keterlaluan Cari Untung!

Sabtu, 31 Juli, 2021, 12:03 WIB
Penulis: Bang Noy

MCMNEWS.ID   –   Anggaran laptop pelajar yang direncanakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menuai sorotan banyak pihak.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyatakan pengadaan laptop ini menjadi bagian dari program digitalisasi sekolah oleh yang disalurkan melalui dana alokasi khusus (DAK) fisik ke pemerintah daerah (pemda).

Politisi Partai Gerindra Fadli Zon ikut mengomentari perbincangan seputar rencana harga jual laptop produksi dalam negeri atau Laptop Merah Putih.

Fadli Zon menilai laptop produksi dalam negeri atau Laptop Merah Putih untuk pelajar yang akan dijual seharga Rp10 Juta adalah kemahalan.

Melalui ciutan yang ia buat di akun Twitter, Faldi Zon mengaku bahwa ia sudah bertanya kepada spesialis mengenai komputer, dan dengan spesifikasi yang diberikan menurutnya harga Rp 10 juta itu sangat berlebihan.

“Laptop pelajar Rp 10 juta itu kemahalan” ucapnya pada awal kalimat.

Seperti diketahui, Pemerintah mengalokasikan anggaran senilai Rp 2,4 triliun melalui dana alokasi khusus (DAK) fisik pendidikan untuk membeli 240.000 laptop produk dalam negeri.

Ia mengingatkan agar jangan berlebihan mencari untung di tengah situasi pandemi Covid-19 saat ini.

Dikutip Mcmnews.id dari akun instagram @fadlizon, untuk spesifikasi yang dimaksud mestinya bisa seputar Rp4-5 Juta malahan sebelum pandemi harganya 3 juta.

Bahkan mantan Wakil Ketua DPR RI ini sempat mengkroscek secara langsung harga pasaran dengan spesifikasi laptop yang disebutkan. Fadli Zon mendapatkan informasi harga kisaran laptop tersebut tidak jauh dari Rp3-5 juta.

“Jangan keterlaluan cari untung di tengah kesulitan pandemi covid ini. Saya tanya orang langganan beli komputer, taksirannya dengan spesifikasi itu paling harganya Rp.4-5 jt, sekitar Rp. 4 jt. Kalau sebelum pandemi harganya 3 jt,” tulis Fadli Zon.