Minggu, 29 Nov 2020 | WIB

Sumpah Pemuda 28 Oktober, Fadel Muhammad: Pemuda Harus Miliki Spirit Kewirausahaan

Bang Noy
Penulis: Bang Noy
Diterbitkan: 28 Oktober 2020, 16:55 WIB
MCMNEWS.ID | Fadel Muhammad. (Dok: Istimewa)

MCMNEWS.ID    –  Generasi muda, harus mengubah pola pikir selama ini, yakni “setelah lulus sekolah, mencari pekerjaan”. Pola pikir semacam itu harus diubah. Para Pemuda harus mengubah pola pikir bukan lagi mencari pekerjaan. Tetapi  bagaimana memanfaatkan kesempatan dan peluang yang ada di masyarakat. 

Peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober ini, Pemuda harus memiliki spirit entreprenuer.

“Jangan berpikir mencari pekerjaan apa yang ada diluar. Tetapi mengubah pola pikir menjadi ada kesempatan apa di masyarakat. Jadi berpikir opportunity. Berpikir mencari kesempatan atau peluang yang ada di masyarakat,” kata wakil ketua MPR RI Fadel Muhammad, yang Profesor intreprenuer dan mantan Gubernur, menanggapi peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober, Rabu (28/10). 

Memperingati 92 tahun Sumpah Pemuda pada 28 ini, Fadel berharap, para pemuda agar memiliki spirit atau semangat entreprenuer atau kewirausahaan. Selama ini, masih sedikit pemuda yang berpikir atau mempunyai spirit kewirausahaan. 

“Memang ada pemuda yang telah memiliki spirit kewirausahaan. Tapi jumlahnya masih sangat sedikit. Perlu dilahirkan jiwa-jiwa intreprenuer di kalangan pemuda. Kita harus mendidik dan mendorong mereka kearah sana. Saya Profesor untuk hal semacam itu,” kata Guru ęar Kewirausahaan, Fadel.

Dikatakan, salah satu cara melahirkan dan menumbuhkan semangat kewirausahaan, adalah melalui pendidikan kewirausahaan. Misal nya dengan terjun langsung dalam pengelolaan koperasi mahasiswa (Kopma) di kampus. Kopma di kampus, harus diaktifkan kembali.

“Benih-benih atau bibit unggul intreprenuer di kampus, tinggi bagaimana menstimulir dan mendorong. Sehingga lahir kewirausahaan ber basis kampus,” kata Fadel yang Ketua Umum Inkopkar (Induk Koperasi Karyawan).

Ada 7 ciri Wirausaha atau intreprenuer. Yakni memiliki leadership, melakukan inovasi, memiliki kemampuan keputusan, punya sikap yang tanggap terhadap perubahan, bekerja keras dan cerdas dan fokus pada peluang yang ada

back-to-top