Detail

PP GPI Minta Arab Saudi Evaluasi Duta Besarnya di Indonesia

Senin, 7 Juni, 2021, 14:47 WIB
Penulis: Ginan

MCMNEWS.ID – Polemik soal surat Kedutaan Besar (Kedubes) Arab Saudi untuk Indonesia soal Haji terus menjadi polemik ditengah masyarakat.

Sekretaris Jenderal (Sekjend) Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Islam (GPI), Khoirul Amin, mengatakan, surat tersebut berpotensi menimbulkan kegaduhan dan kesalah pahaman di masyarakat.

“Surat yang dibuat oleh Kedubes Arab Saudi tersebut jelas sangat berpotensi membuat gaduh di masyarakat. Apalagi Indonesia ini mayoritas muslim dan ibadah haji itu rukun Islam yang ke 5, jadi hal ini sangat sensitif,” kata Khoirul Amin, kepada Mcmnews.id, dalam keterangan tertulisnya, Senin (07/6/2021).

Amin menjelaskan, pemerintah Arab Saudi semestinya memberikan ketegasan dan keputusan yang pasti kepada Pemerintah Indonesia.

“Pemerintah Arab Saudi melalui Duta Besarnya yang ada di Indonesia. Kurang komunikatif dan tidak tegas, dalam memberikan keputusan yang pasti. Terkait kuota haji untuk Indonesia tahun ini. Padahal Pemerintah Indonesia telah meminta dan memberikan waktu sampai tanggal 28 Mei 2021. Untuk mendapatkan keputusan itu,” ujar Amin.

“Pemerintah Arab Saudi kami minta untuk tegas. Apabila Indonesia memang tidak mendapatkan kuota haji tahun ini. Jangan malah membuat gaduh dengan melakukan manuver. Dengan membuat surat resmi ke lembaga legislatif Republik Indonesia di luar koridor diplomatik,” tegas Amin.

Mantan Direktur LBH PP GPI itupun menjelaskan, bahwa diperlukan banyak persiapan untuk memberangkatkan jemaah haji ke Arab Saudi.

“Pemerintah Indonesia kan butuh untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Dari mulai Penerbangan, Penginapan, catering dan lain-lain. Semua itu tidak bisa instan dan bim salabim seperti orang main sulap. Butuh persiapan matang, makanya pemerintah Indonesia dari awal butuh kepastian dari Pemerintah Arab Saudi,” tandasnya.

Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Islam juga menyatakan dukungannya dan memberikan apresiasi kepada Wakil Ketua DPR RI dan Menteri Agama Republik Indonesia.

“Kami PP GPI mendukung dan mengapresiasi sikap tegas bapak Sufmi Dasco Ahmad dan Gus Yaqut Cholil Qoumas selaku Menteri Agama terkait masalah jamaah haji Indonesia,” pungkasnya.