Detail

Pernyataan Resmi Partai Gerindra Soal Penangkapan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo

Jumat, 27 November, 2020, 20:03 WIB
Penulis: Andre Pradana

MCMNEWS.ID – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra akhirnya angkat bicara mengenai penangkapan kadernya yang menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia, Edhy Prabowo.

Pernyataan resmi Partai Gerindra tersebut disampaikan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerinda, Ahmad Muzani, dalam video yang diunggah melalui channel youtube dan official akun instagram Partai Gerindra.

Berikut adalah kutipan lengkap pernyataan Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani :

Menanggapi peristiwa, Rabu (25 november 2020) di Bandara Soekarno-Hatta pukul 12.20 WIB, yang menimpa saudara Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia saudara Edhy Prabowo, maka Dewan Pimpinan Pusat Partai Gerakan Indonesia Raya, merasa perlu untuk menyampaikan hal-hal sebagai berikut:

Partai Gerindra menghormati sepenuhnya proses hukum yang dilakukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap dugaan yang dilakukan oleh yang bersangkutan.

Karena itu, kami percaya sepenuhnya dalam menangani masalah ini kepada KPK persoalan ini akan ditangani secara transparan, secara baik, secara cepat, dan pada akhirnya masyarakat akan dapat mengetahui persoalan ini secara jelas duduk masalahnya.

Namun dengan demikian, kami juga berharap agar asas hukum praduga tak bersalah tetap dihormati, tetap dijunjung tinggi, karena itu upaya untuk menyediakan bantuan hukum terhadap saudara Edhy Prabowo haruslah dihormati sebagai upaya untuk menjernihkan persoalan-persoalan yang dituduhkannya.

Kepada yang terhormat Presiden Republik Indonesia, Ir Joko Widodo, yang terhormat Wakil Presiden Republik Indonesia KH Maruf Amin, serta seluruh anggota kabinet Indonesia maju, kami menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas kejadian ini, kami percaya sepenuhnya kejadian ini tidak akan mengganggu proses Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf, kami berhadap seluruh kegiatan Pemerintahan tetap berjalan sebagaimana biasa, pelayanan terhadap masyarakat, pembsngunan seperti arahan Presiden tetap berjalan sebagaimana yang direncanakan sebelumnya.

Dalam menghadapi persoalan ini saudara Edhy Prabowo telah mengajukan pengunduran dirinya, baik sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan dan sebagai Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra. Menanggapi masalah itu, kami DPP Partai Gerindra telah menerima surat pengunduran diri saudara Edhy Prabowo dan sekarang ini surat tersebut sedang kami teruskan kepada Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra.

Kepada masyarakat luas yang telah memberikan perhatian yang besar terhadap persoalan ini, kami menghaturkan terima kasih kepada seluruh masyarakat dari berbagai macam lapisan atas respon yang diberikan oleh saudara-saudara sekalian.

Kami menyampaikan permohonan maaf atas peristiwa ini, terutama kepada masyarakat Kelautan dan Perikanan, kami menjadikan peristiwa ini sebagai sebuah pelajaran yang berharga bagi kami dalam mengelola setiap kepercayaan yang diberikan kepada kami.

Kepada seluruh kader Partai Gerindra, dimanapun saudara berada dan kepada seluruh pengurus Partai Gerindra ditingkat ranting, di desa-desa dan Kelurahan-Kelurahan, ditingkat PAC Kecamatan-Kecamatan, ditingkat Kabupaten/Kota DPC-DPC, dan ditingkat Provinsi DPD, dan ditingkat Dewan Pimpinan Pusat, serta Partai Gerindra yang berada diluar negeri, kami ingin menyerukan agar kita tetap kompak, solid dalam menghadapi situasi yang sulit ini, ini adalah ujian kita sebagai sebuah partai.

Tetapi kami merasa soliditas saudara-saudara sekalian menjadi sebuah energi bagi kami dalam menghadapi situasi ini, kami merasa kekompakan kita sedang diuji dan kami percaya kita semua akan tetap solid dalam panji-panji Partai Gerindra.

Gerindra tidak akan bergeser dari semangatnya dalam memperjuangkan Indonesia yang maju, Indonesia yang kuat. Gerindra tidak akan pernah bergeser untuk tetap menjaga kesatuan dan persatuan, untuk tetap menjaga Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhienneka tunggal Ika.

Saya percaya tujuan yang luhur ini akan tetap mendapatkan support dan dukungan dari seluruh kader Partai Gerindra dimanapun saudara berada, kami percaya semangat yang baik dan luhur ini mendapatkan dukungan dari rakyat, karena itu saudara-saudara sekalian, dukungan dari saudara-saudara semua akan menjadi energi kita dalam menapaki masa-masa didepan kami, dan kami percaya rakyat akan bersama kami.

Keikhlasan kita dalam berjuang untuk memperjuangkan kepentingan bangsa dan negara, ketulusan kita untuk berjuang dalam memperjuangkan kepentingan masyarakat akan mendapatkan ridho dari Allah SWT dan kami percaya Allah akan memberikan pertolongan terhadap hati-hati yang ikhlas dalam berjuang untuk bangsanya dan negaranya. Selamat berjuang. Terima Kasih.

Seperti diberitakan sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menetapkan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Edhy Prabowo sebagai tersangka korupsi ekspor benih lobster atau benur.

Edhy Prabowo diduga menerima hadiah terkait perizinan tambak dan usaha perikanan dan perairan sejenis lainnya tahun 2020.

Tidak sendirian, Edhy Prabowo dijerat bersama enam orang lainnya, dari total tujuh tersangka, KPK baru menahan lima orang.

Keenam tersangka lain berinisial SAF, APM, SWD, AF, dan AM yang berstatus sebagai penerima hadiah, Adapun tersangka yang diduga menjadi pemberi hadiah adalah berinisial SJT.

Kirim Tulisan

Kirimkan tanggapan anda dan komentar anda yang berkaitan dengan keluahan pelayanan publik dan konsumen
Kirimkan suara anda

Tag Popular

#Corona

#Gempa Bumi

#Bencana Alam

#Banjir

#PSBB DKI Jakarta