Kamis, 24 Sep 2020 | WIB

Perdebatan Pancasila Sudah Final, Ma’mun Murod Al-Barbasy : Penerapannya Yang Belum Selesai

Avatar
Penulis: Andre Pradana
Diterbitkan: 20 Juni 2020, 10:22 WIB
MCMNEWS.ID | Dekan FISIP Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Ma'mun Murod Al-Barbasy. (Dok: Istimewa)

MCMNEWS.ID – Ketua Pusat Studi Islam dan Pancasila (PSIP) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Ma’mun Murod Al-Barbasy, angkat bicara terkait pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) Haluan Ideologi Pancasila (HIP) yang sedang menjadi sorotan.

Menurutnya, masalah utama yang dihadapi oleh Indonesia bukanlah soal perdebatan ideologi, namun lebih kepada penerapannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Problem Indonesia sekarang bukan problem (perdebatan) ideologis, tapi problem penerapan ideologi itu sendiri. Ideologinya sudah selesai, tapi penerapannya yang belum selesai,” kata Ma’mun ketika ditemui Mcmnews.id, Jum’at, (19/6/2020).

Ma’mun menjelaskan, menurutnya Pancasila sudah final dan tidak perlu diperdebatankan. Dikatakan Ma’mun saat ini yang menjadi tugas adalah membumikan Pancasila.

“Pembumian dari ideologi itu, perdebatan sudah selesai, masyarakat tidak memperdebatkan itu. seharusnya ideologi kan menggambarkan semacam platform bernegara, tapi kalau ada ideologi tapi tidak membawa, kesejarahan, keberkahan, dan keadilan mending ditiadakan saja.” tambah Ma’mun.

Sekedar informasi, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mengungkapkan bahwa pemerintah akan segera menyurati Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI terkait keputusan penundaan pembahasan Rancangan Undang-undang (RUU) Haluan Ideologi Pancasila (HIP).

“Kita pemerintah kan punya waktu 30 hari nanti saya tidak tahu tanggal pastinya tapi saya cek bulan ini nanti akan kita sampaikan,” kata Yasonna saat bertemu Menko Polhukam Mahfud MD di Kantor Kemenko Polhukam, Seperti dikutip dari Liputan6.com.

back-to-top