Sabtu, 19 Sep 2020 | WIB

PDIP Geser Posisi Rieke Diah Pitaloka dari Baleg DPR, Apakah Karena Kisruh RUU HIP?

Bang Noy
Penulis: Bang Noy
Diterbitkan: 08 Juli 2020, 16:42 WIB
MCMNEWS.ID | Rieke Diah Pitaloka (Instagram @riekediahp)

MCMNEWS.ID  –  Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di DPR mengganti Rieke Diah Pitaloka dari kursi Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR. Hal tersebut dibenarkan oleh anggota Baleg Fraksi PDIP Hendrawan Supratikno.

“Betul, saya dapat informasi itu dari Baleg,” jawab singkat Hendrawan saat dikonfirmasi, Rabu (8/7).

Anggota Komisi XI DPR itu juga membenarkan bahwa yang menggantikan posisi Rieke di pimpinan Baleg adalah Nurdin yang merupakan anggota Komisi III DPR. Tapi, soal alasan penggantian Rieke, Hendrawan menyarankan untuk menanyakan langsung kepada pimpinan Fraksi PDIP.

“Iya Pak Nurdin yang di Komisi III. (Alasan pergantian) Tolong tanya Pimpinan Fraksi,” tandas Hendrawan.

Sebelumnya, berdasarkan sumber di internal Fraksi PDIP membenarkan kabar pergantian Rieke di pimpinan Baleg DPR. Rieke digantikan oleh Nurdin, bahkan pada rapat internal pagi ini 8 Juli sudah dipimpin oleh Nurdin.

“Iya, diganti Kolonel Nurdin. Tadi pagi rapat sudah dipimpin oleh pimpinan baru,” katanya.

Anggota Fraksi PDIP itu menjelaskan bahwa alasan pergantian itu tidak terkait isu apapun, melainkan rotasi di internal fraksi yang lumrah dilakukan. Soal kapan waktu pergantiannya, dia mengaku kurang tahu karena itu urusan pimpinan fraksi.

“Pergantian penugasan. Bukan ‘pencopotan’. Saya masa sidang juga dirotasi dari BAKN ke Baleg. Hal yang biasa saja,” ujar Hendrawan kepada wartawan, Rabu (8/7/2020).

Hendrawan juga menjawab ihwal kabar anggota Komisi III Fraksi PDI Perjuangan Nurdin yang diproyeksikan bakal menggantikan Rieke sebagai Wakil Ketua Baleg. Namun, ia berujar penetapan pergantian jabatan itu baru akan dilakukan pekan depan.

Diketahui, Rieke yang juga merupakan Ketua Panitia Kerja (Panja) Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila itu dirotasi tak lama usai RUU HIP menuai banyak penolakan. Kendati begitu, belum ada penjelasan resmi apa alasan Fraksi PDI Perjuangan merotasi Rieke.

back-to-top